Dampak Kegiatan Menggunting Dengan Pola terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Anak Usia Din

Penulis

  • Nurjanah Nurjanah Raudhatul Athfal (RA) Syech Qurro Al-alawi, Kab. Karawang
  • Andrisyah Andrisyah Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi, Cimahi

Kata Kunci:

Fine Motor Skills, Cutting Activities

Abstrak

Perkembangan motorik halus sangat penting bagi perkembangan anak secara keseluruhan. Anak usia taman kanak-kanak masih sering mengalami kesulitan dalam menggerakkan jari- jarinya untuk kegiatan seperti menggunting, menggambar. Beberapa anak menunjukkan keterlambatan dalam keterampilan motorik halusnya terutama menggunting, yang ditandai dengan belum terampilnya anak dalam menggunting. Peneliti menemukan ada 15 anak dari 18 peserta didik yang belum mampu menggunting dengan tidak menggunakan pola. 15 anak ini hanya mampu menggunting bebas seperti menggunting kecil-kecil kertas, menggunting kertas hanya di bagian pinggirnya saja dan ada juga anak hanya mampu menggunting secara lurus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak kegiatan menggunting dengan pola terhadap kemampuan motorik halus anak kelompok A. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif  dengan desain penelitian Pre dan post Experimental Design dan jenis penelitian One-Group Pretest – Post-test Design  dengan  Subjek penelitian terdiri dari 18 anak kelompok A. hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan kemampuan menggunting dengan pola setelah dilakukan pertemuan selama 5 kali dengan hasil penelitian menunjukkan terdapat jumlah diatas 50% anak yang dapat menggunting dengan pola. Dampak  menggunting ini dapat mengidentifikasikan jika kemampuan motorik halus dari anak juga meningkat. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan dilakukan kegiatan Menggunting dengan pola secara bertahap dapat memberikan dampak terhadap kemampuan motorik halus pada anak kelompok A.

Referensi

Afiyanti, Y., & Rachmawati, I. N. (2014). Metodologi penelitian kualitatif dalam keperawatan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Asmara, B. (2020). Meningkatkan kemampuan motorik halus melalui kegiatan menggunting pada anak usia dini di kelompok A TK Khadijah Surabaya. Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 11-23. https://doi.org/10.30651/pedagogi.v6i1.3624

Fitriah, I. (2023). Meningkatkan kemampuan motorik halus melalui kegiatan menggunting dan menempel dengan berbagai media pada kelompok B di TKS Islam Widya Cendekia Kota Serang. Jurnal Profesi Pendidikan, 4(1), 229-238. https://core.ac.uk/download/pdf/590049883.pdf

Mahnim, B. (2019). Meningkatkan kemampuan motorik halus anak melalui kegiatan menggunting bentuk geometri pada kelompok B TK PGRI 10 Sukadana. Jurnal Edukasi dan sains, 1(2), 210-219. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi/article/view/408

Murtining, H. (2018). Meningkatan keterampilan motorik halus melalui kegiatan menggunting dengan berbagai media pada kelompok B TK Dharma Wanita Tawangrejo. Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education), 6(1), 28-40. https://doi.org/10.25273/jcare.v6i1.3094

Nasution, N. K. (2019). Perkembangan anak usia dini (AUD) di TK Aisyiyah: Problematika dan solusi. Jurnal Penelitian Keislaman, 15(2), 130-143. https://core.ac.uk/download/pdf/287169561.pdf

Nofianti, R. (2020). Upaya meningkatkan keterampilan motorik halus melalui kegiatan menggunting dengan menggunakan pola pada anak usia dini. Jurnal Ilmiah Abdi Ilmu, 13(1), 115-130. https://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/abdiilmu/article/view/897

Usriyati, U. (2023). Upaya meningkatkan kemampuan motorik halus melalui media menggunting dan menempel Di TK Islam Bustanul Athfal Karangampel Kabupaten Indramayu. Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(03), 252-261. https://doi.org/10.59141/japendi.v4i03.1654

Yuliawati, A., Zulianti, P., & Puspitasari, E. (2023). Analisis kemampuan motorik halus dan kreativitas pada anak usia dini melalui kegiatan kolase. Edu Happiness: Jurnal Ilmiah Perkembangan Anak Usia Dini, 2(1), 89-101. https://doi.org/10.62515/eduhappiness.v2i1.162

Unduhan

Diterbitkan

2024-11-14