Kartu Pintar Multifungsi: Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Simbolik Anak Usia Dini melalui Finger Painting

Penulis

  • Wiwi Oktaviani Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi, Cimahi
  • Ayu Rissa Atika Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) SIliwangi, Cimahi

Kata Kunci:

Symbolic Thinking Ability, Finger Painting, Smart Card Multifunctional

Abstrak

Upaya meningkatkan kemampuan berpikir simbolik pada anak dapat melalui salah satu media pembelajaran yaitu kartu pintar multifungsi finger painting. Tujuan penelitian, mengetahui kelayakan media kartu pintar multifungsi finger painting terhadap kemampuan berpikir simbolik. Subjek penelitian dilakukan pada anak kelompok B berjumlah 15 anak yaitu 5 anak dilakukan di TK Ulil Albab dan 10 anak dilakukan di TK Plus Al-Hikmah. Metode penelitian menggunakan Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Borg and Gall. Teknik pengumpulan data melalui teknik wawancara, observasi, dan angket. Data yang dianalisis menggunakan teknik analisis data kualitatif  deskriptif dan analisis data statistik deskriptif.  Data kualitatif berupa jumlah nilai yang dihitung menggunakan tekhnik statistik melalui hasil penilaian angket yang diperoleh dari penilaian kualitas produk berupa saran dan masukan para ahli. Berdasarkan hasil validasi kelayakan dari ahli materi dan media diperoleh persentase 78% dengan kategori layak. Sedangkan ahli praktisi memperoleh nilai presentasi 74%. Kemudian, peningkatan kemampuan berpikir simbolik dengan nilai presentasi 74% dalam kategori BSH. Hasil penelitian menunjukkan pengembangan media kartu pintar multifungsi finger painting dinyatakan layak, dan dapat digunakan sebagai media belajar  yang dapat mengembangkan kemampuan berpikir simbolik pada anak kelompok B usia 5-6 tahun.

Referensi

Astuti, D., & Trisnawati, T. (2010). Pengembangan bahan ajar matematika untuk SMPLB/B kelas IX berdasarkan Standar Isi. Yogyakarta: UNY. https://core.ac.uk/download/pdf/11060009.pdf

Bodedarsyah, A., & Yulianti, R. (2019). Meningkatkan kemampuan berpikir simbolik anak usia dini kelompok a (usia 4-5 tahun) dengan media pembelajaran lesung ang-ka. Jurnal Ceria, 2(6), 354-58. https://doi.org/10.22460/ceria.v2i6.p354-358

Collins, M. A., & Laski, E. V. (2019). Digging deeper: Shared deep structures of early literacy and mathematics involve symbolic mapping and relational reasoning. Early Childhood Research Quarterly, 46, 201-212. https://doi.org/10.1016/j.ecresq.2018.02.008

Lestari, R. P. (2018). Pengembangan media pembelajaran kartu pintar pada mata pelajaran sejarah kebudayaan islam materi wali songo di mts bahrul ‘ULUM SU-DIMORO KECAMATAN SEMAKA KABUPATEN TANGGAMUS (Doctoral disserta-tion, UIN Raden Intan Lampung). https://repository.radenintan.ac.id/4061/

Mariana, M. (2020). Pengembangan Media Flash Card Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Usia 5-6 Tahun Di TK IT Ananda Putri Deli Serdang Tahun Ajaran 2019/2020 (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara). http://repository.uinsu.ac.id/11702/

Misyati, E. (2013). Peningkatan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan melalui Bermain Kartu Angka Bergambar Anak Kelompok A1 TK Masjid Syuhada Yogyakarta. Skripsi,(November), https://eprints.uny.ac.id/15229/1/Skripsi.pdf

Nabila, S., Adha, I., & Febriandi, R. (2021). Pengembangan media pembelajaran pop up book berbasis kearifan lokal pada pembelajaran tematik di sekolah dasar. Jurnal basicedu, 5(5), 3928-3939. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1475

Nikmah, D. L. (2019). Penggunaan media jepit kartu pintar untuk meningkatkan pemahaman berpikir simbolik tentang konsep lambang bilangan pada anak kelompok A di TK Al-Ghoniyyu Malang.

Oxford Learners Pocket Dictionary (2000), New York: Oxford University Press

Renna, C. (2021). Pengembangan media kartu pintar meningkatkan kemampuan baca tulis menghitung “CALISTUNG” pada tema 5 subtema 4 pembelajaran 1 di siswa kelas II sekolah dasar (Doctoral dissertation, Universi-tas_Muhammadiyah_Mataram). https://repository.ummat.ac.id/3862/

Risaldy, S. (2014). Manajemen pengelolaan sekolah usia dini. Jakarta: Luxima.

Sugiyono. (2006). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2009). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2014). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Susanto. (2011). Perkembangan anak usia dini. Jakarta: Kencana Prenada.

Unduhan

Diterbitkan

2024-11-23