Permainan Bola sebagai Aktivitas Pembelajaran untuk Mengembangkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini

Authors

  • Diana Rahmawati Priatna Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi, Kota Cimahi
  • Ayu Rissa Atika Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi, Kota Cimahi

DOI:

https://doi.org/10.22460/ceria.v8i5.26453

Keywords:

Gross Motor Skills, Ball Games, Early Childhood

Abstract

Perkembangan kemampuan motorik kasar pada anak usia dini merupakan aspek yang signifikan dalam pertumbuhan mereka. Oleh karena itu, diperlukan rangsangan yang efektif dalam aspek ini. Salah satu cara untuk merangsang perkembangan motorik kasar adalah melalui bermain bola, sebagai salah satu bentuk olahraga yang melibatkan penggunaan bola sebagai objek permainan, memiliki peran penting dalam mengembangkan keterampilan motorik kasar anak. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami bagaimana permainan bola dapat mempengaruhi perkembangan motorik kasar pada anak usia dini. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan melibatkan delapan peserta didik dari kelompok A yang berusia 4-5 tahun sebagai subjek penelitian. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis melalui proses reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa selama periode observasi, perkembangan motorik kasar pada anak usia dini mengalami peningkatan secara signifikan. Pada awal pertemuan, beberapa anak belum menunjukkan perkembangan yang mencolok, namun pada pertemuan terakhir, mereka telah mengalami peningkatan yang berarti dan sesuai dengan harapan. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa permainan bola memiliki peran positif dalam perkembangan motorik kasar anak usia dini. Secara keseluruhan, temuan ini mengindikasikan bahwa permainan bola dapat dijadikan strategi yang efektif untuk merangsang perkembangan motorik kasar pada anak usia dini.   The development of gross motor skills is a vital aspect of early childhood growth, requiring effective stimulation to ensure optimal progress. One way to enhance gross motor development is through ball games, which serve as engaging activities that support children’s physical abilities. This study aimed to examine the role of ball games in improving gross motor development in early childhood. A descriptive qualitative method was employed with eight children from Group A, aged 4–5 years, as research subjects. Data were collected through observation, interviews, and documentation, and analyzed using the stages of data reduction, data presentation, and conclusion drawing. The findings revealed that children’s gross motor skills showed noticeable improvements over the course of the intervention. While some children demonstrated limited progress at the beginning, by the final session, their development had improved significantly and met the expected standards. These results indicate that ball games play a positive role in enhancing gross motor development and can be considered an effective strategy for stimulating physical growth in early childhood.

References

Amalia, R. (2022).Permainan Bola Besar: Pengertian, Manfaat dan Jenis-jenisnya. [2022, Oktober 9]. Kidsgrid. Retrieved Agustus 15, 2022, from https://kids.grid.id/read/473515820/permainan-bola-besar-pengertian-manfaat-dan-jenis-jenisnya?page=all

Alim, M. L. (2015). Upaya Meningkatkan Kemampuan Fisik Motorik Kasar Anak melalui Kegiatan Melambungkan dan Menangkap dengan Berbagai Media Anak Usia Dini Di TK Al-Fajar Pekanbaru. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 1–11. https://scholar.google.co.id/citations?view_op=view_citation&hl=en&user=iBE0mrAAAAAJ&citation_for_view=iBE0mrAAAAAJ:d1gkVwhDpl0C

Arif, I. M. (2016). Alat Permainan Edukatif Outdoor Yang Digunakan Mengembangkan Motorik Kasar Di Tk Se- Kecamatan Wonosari Gunungkidul. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(2), 856–863. https://journal.student.uny.ac.id/index.php/pgpaud/article/view/3525

Ayuni, S., Chiar, M., & Miranda, D. (2021). Peningkatan Kemampuan Motorik Kasar Anak Melalui Permainan Outdoor Usia 5-6 Tahun di TK Islamiyah Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 10(4).

Djuanda, I., & Adipura, P. (2020). PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK USIA DINI MELALUI BERMAIN LEMPAR TANGKAP BOLA (Penelitian Pada Pendidikan Anak Usia Dini Nurul Fadilah Depok). Jurnal Komunikasi Antar Perguruan Tinggi Agama Islam, 19(2), 265–274.

Elytasari, S. (2017). Esensi Metode Montessori dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Jurnal Arraniry, 3(1), 59–73.

Ginting, E. H., & Ray, D. (2018). Pengaruh Kegiatan Bermain Melempar Bola Terhadap Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia 4-5 Tahun di Tk Assisi Medan. Jurnal Tematik, 8(2), 207–214. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/tematik/article/view/12619

Imani, R. A., Muslihin, H. Y., & Elan. (2020). Permainan Bola Terhadap Perkembangan Gerak Manipulatif Anak Usia 4-5 Tahun. PAUD Agapedia, 4(2), 273–284.

Jacob, A. M., & Watini, S. (2022). Penerapan Model Atik dalam Pengembangan Motorik Kasar pada Anak ADHD di TK Global Persada Mandiri. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(9), 3281–3287. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i9.841

Maharani, D., & Watini, S. (2022). Implementasi Model ATIK dalam Mengembangkan Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini TKIT AL Wildan Bekasi. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(2), 662–667. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i2.480

Maslacha, H., Winarno, M. E., & Purnami, S. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Bola Besar Melalui Multimedia Iteraktif Untuk Siswa Kelas VIII Semester I SMP Negeri 20 Malang. Pendidikan Jasmani, 1–17.

Puspita, L., & Umar, M. Y. (2020). Perkembangan motorik kasar dan motorik halus ditinjau dari pengetahuan ibu tentang pertumbuhan dan perkembangan anak usia 4-5 tahun. Wellness And Healthy Magazine, 2(1), 121–126. https://doi.org/10.30604/well.80212020

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.

Published

2025-09-26