Permainan Bola sebagai Aktivitas Pembelajaran untuk Mengembangkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.22460/ceria.v8i5.26453Keywords:
Gross Motor Skills, Ball Games, Early ChildhoodAbstract
References
Amalia, R. (2022).Permainan Bola Besar: Pengertian, Manfaat dan Jenis-jenisnya. [2022, Oktober 9]. Kidsgrid. Retrieved Agustus 15, 2022, from https://kids.grid.id/read/473515820/permainan-bola-besar-pengertian-manfaat-dan-jenis-jenisnya?page=all
Alim, M. L. (2015). Upaya Meningkatkan Kemampuan Fisik Motorik Kasar Anak melalui Kegiatan Melambungkan dan Menangkap dengan Berbagai Media Anak Usia Dini Di TK Al-Fajar Pekanbaru. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 1–11. https://scholar.google.co.id/citations?view_op=view_citation&hl=en&user=iBE0mrAAAAAJ&citation_for_view=iBE0mrAAAAAJ:d1gkVwhDpl0C
Arif, I. M. (2016). Alat Permainan Edukatif Outdoor Yang Digunakan Mengembangkan Motorik Kasar Di Tk Se- Kecamatan Wonosari Gunungkidul. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(2), 856–863. https://journal.student.uny.ac.id/index.php/pgpaud/article/view/3525
Ayuni, S., Chiar, M., & Miranda, D. (2021). Peningkatan Kemampuan Motorik Kasar Anak Melalui Permainan Outdoor Usia 5-6 Tahun di TK Islamiyah Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 10(4).
Djuanda, I., & Adipura, P. (2020). PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK USIA DINI MELALUI BERMAIN LEMPAR TANGKAP BOLA (Penelitian Pada Pendidikan Anak Usia Dini Nurul Fadilah Depok). Jurnal Komunikasi Antar Perguruan Tinggi Agama Islam, 19(2), 265–274.
Elytasari, S. (2017). Esensi Metode Montessori dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Jurnal Arraniry, 3(1), 59–73.
Ginting, E. H., & Ray, D. (2018). Pengaruh Kegiatan Bermain Melempar Bola Terhadap Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia 4-5 Tahun di Tk Assisi Medan. Jurnal Tematik, 8(2), 207–214. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/tematik/article/view/12619
Imani, R. A., Muslihin, H. Y., & Elan. (2020). Permainan Bola Terhadap Perkembangan Gerak Manipulatif Anak Usia 4-5 Tahun. PAUD Agapedia, 4(2), 273–284.
Jacob, A. M., & Watini, S. (2022). Penerapan Model Atik dalam Pengembangan Motorik Kasar pada Anak ADHD di TK Global Persada Mandiri. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(9), 3281–3287. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i9.841
Maharani, D., & Watini, S. (2022). Implementasi Model ATIK dalam Mengembangkan Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini TKIT AL Wildan Bekasi. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(2), 662–667. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i2.480
Maslacha, H., Winarno, M. E., & Purnami, S. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Bola Besar Melalui Multimedia Iteraktif Untuk Siswa Kelas VIII Semester I SMP Negeri 20 Malang. Pendidikan Jasmani, 1–17.
Puspita, L., & Umar, M. Y. (2020). Perkembangan motorik kasar dan motorik halus ditinjau dari pengetahuan ibu tentang pertumbuhan dan perkembangan anak usia 4-5 tahun. Wellness And Healthy Magazine, 2(1), 121–126. https://doi.org/10.30604/well.80212020
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.