Penerapan Metode Pembiasaan untuk Mengembangkan Disiplin Anak Usia Dini di Taman Kanak-kanak

Penulis

  • Mudayanti Mudayanti Taman Kanak-kanak (TK) Angkasa, Cimahi
  • Dedah Jumiatin Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi, Cimahi

DOI:

https://doi.org/10.22460/ceria.v8i1.26494

Kata Kunci:

Discipline, Habituation Method, Early Childhood

Abstrak

Penelitian ini dilaksanakan untuk mengembangkan sikap disiplin anak usia dini. Karena disiplin merupakan suatu hal yang mendasar yang harus diberikan kepada anak sejak usia dini, guna untuk menamamkan perilaku disiplin yang baik dijenjang berikutnya. Pengembangan sikap disiplin ini dilakukan dengan cara menanamkan metode pembiasaan pada kehidupan sehari-hari sehingga anak akan selalu mengingat kebisaaan yang sudah diberikan oleh guru. Metode penelitian yang dilakukan, yaitu menggunakan metode deksriptif kualitatif dengan subjek penelitian, yaitu anak usia dini kelompok belajar B, yang berjumlah 17 anak. Dalam teknik pengumpulan data dilakukan dengan kegiatan wawancara, observasi dan wawancara. Berikut ini adalah hasil yang sudah didapatkan berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dimana dalam implementasi metode pembisaan untuk mengembangkan sikap disiplin guru sudah mampu menanamkan 5 indikator yang sudah ditentukan dan anakpun mampu mengikuti pembisaan disiplin yang sudah ditentukan oleh guru. Maka dapat disimpulkan bahwa metode pembiasaan dalam mengembangkan sikap disiplin cukup efektif digunakan untuk melatih perilaku disiplin anak usia dini.

 

Referensi

Boja, K., & Kendal, K. (2014). Strategi pembelajaran disiplin pada anak TK di Kecamatan Boja Kabupaten Kendal. BELIA: Early Childhood Education Papers, 3(1), 22–29. 10.15294/BELIA.V3I1.3417

SHOFI, M. (2023). Implementasi metode pembiasaan dalam membentuk karakter anak usia dini di TK Aisyiyah 1 Labuhan Ratu Bandar Lampung (Doctoral dissertation, UIN RADEN INTAN LAMPUNG). https://repository.radenintan.ac.id/22848/

Efirlin, M. (2014). Penanaman Perilaku Disiplin Anak Usia 5-6 Tahun di TK Primanda Untan Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 3(12).1-10. https://doi.org/10.26418/jppk.v3i12.8078

Hadi, E., & Utami, N. (2021). MENINGKATKAN KEDISIPLINAN ANAK USIA DINI DENGAN METODE BERMAIN PERAN DI RA AL IMAN KOTA BAUBAU. el-Idarah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(2), 117-121.

Hanifah, M., & Alam, S. K. (2019). Pengaruh kemampuan berpikir logis matematis pada anak usia dini dengan menggunakan media pembelajaran lotto di Kelompok B. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 2(6), 302-308. https://doi.org/10.22460/ceria.v2i6.p302-308

La Jaga, R., & Arifin, A. A. (2019). Peningkatan perilaku disiplin anak melalui metode pembiasaan di Taman Kanak-kanak Islam Terpadu Insan Kamil kelompok B1 usia 5-6 tahun. (JAPRA) Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal (JAPRA), 2(1), 93–104. https://doi.org/10.15575/japra.v2i1.5317

Magfiroh, L., Desyanty, E. S., & Rahma, R. A. (2019). Pembentukan karakter disiplin anak usia dini melalui metode pembiasaan di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 33 Kota Malang. Jurnal Pendidikan Nonformal, 14(1), 54. http://journal2.um.ac.id/index.php/JPN/article/view/8853

Mustofa, A. (2019). Metode keteladanan perspektif pendidikan islam. CENDEKIA : Jurnal Studi Keislaman, 5(1). https://doi.org/10.37348/cendekia.v5i1.71

Novita, W. (2015). Pelaksanaan penanaman kedisiplinan pada anak di taman kanak-kanak di Adhyaksa XXVI Padang. PG PAUD Un Padang, https://www.neliti.com/publications/159367/pelaksanaan-penanaman-disiplin-pada-anak-di-taman-kanak-kanak-adhyaksa-xxvi-pada

Septiani, L. V. (2017). Implementasi Metode Pembiasaan Dalam Pembentukan Karakter Di Taman Kanak-Kanak Bakti II Arrusydah Kedamaian Bandar Lampung (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung). https://repository.radenintan.ac.id/789/

Sobri, M. (2020). Kontribusi Kemandirian Dan Kedisiplinan Terhadap Hasil Belajar. Guepedia. https://books.google.co.id/books?id=7u1NEAAAQBAJ&lpg=PA3&ots=e1-PrBs56s&dq=Sobri Muhammad%2C Kontribusi Kemandirian Dan Kedisiplinan Terhadap Hasil Belajar (Guepedia%2C 2020)&lr&hl=id&pg=PA3#v=onepage&q=Sobri Muhammad, Kontribusi Kemandirian Dan Kedisipli

Ulinuha, P. (2021). Strategi Peningkatan Hasil Belajar PAI Materi Ayo Kita Shalat me-lalui Metode Pembiasaan pada Siswa di SDIT Al Islamiyah: learning out-comes. Jurnal Studi Inovasi, 1(4), 10-22. https://doi.org/10.52000/jsi.v1i4.57

Unduhan

Diterbitkan

2025-01-25