Kontribusi Program Parenting Terhadap Pendidikan Karakter Anak Usia Dini : Systematic Literature Review
DOI:
https://doi.org/10.22460/ceria.v8i1.26634Kata Kunci:
Program Parenting ; Pendidikan Karakter; Anak Usia Dini;Abstrak
Pembentukan karakter pada anak usia dini menjadi tantangan kompleks di era modern akibat pengaruh teknologi dan perubahan pola asuh dalam keluarga. Anak-anak pada masa keemasan memerlukan pola pengasuhan yang konsisten untuk mengembangkan karakter positif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kontribusi program parenting terhadap pendidikan karakter anak usia dini dengan menggunakan pendekatan Systematic Literature Review (SLR). Penelitian ini melibatkan seleksi dan analisis terhadap 10 artikel relevan yang dipilih melalui kriteria inklusi-eksklusi dan metode PRISMA. Hasil menunjukkan bahwa program parenting mampu meningkatkan wawasan orang tua, memperkuat kolaborasi antara keluarga dan sekolah, serta memberikan dampak positif pada pembentukan karakter anak, seperti kejujuran, disiplin, tanggung jawab, dan empati. Kebaruan penelitian ini adalah ditemukannya metode parenting berbasis teknologi, seperti komunikasi melalui media sosial, sebagai alat pendukung pengasuhan modern. Implikasi dari penelitian ini adalah pentingnya penerapan program parenting secara rutin untuk menciptakan sinergi antara pendidikan di rumah dan sekolah, sehingga anak dapat tumbuh dengan nilai-nilai moral yang kuat untuk menghadapi tantangan masa depan.
Referensi
Andhika, M. R. (2021). Peran orang tua sebagai sumber pendidikan karakter bagi anak usia dini. At-Ta’Dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 13(1), 73. https://doi.org/10.47498/tadib.v13i01.466
Chumaerotin, S., Munawar, M., & Karmila, M. (2021). Pentingnya program parenting pada era globalisasi di lembaga PAUD. In Seminar Nasional Paud 2019 (pp. 186-194). https://conference.upgris.ac.id/index.php/Snpaud2019/article/view/434
Dayat, D., & Kalvin Edo Wahyudi. (2024). Efektivitas kelas parenting dalam meningkatkan pola asuh anak di Kelurahan Banyu Urip. VISA: Journal of Vision and Ideas, 4(2), 263–272. https://doi.org/10.47467/visa.v4i2.1705
Devianti, R. (2020). Pendidikan karakter untuk anak usia dini. Mitra Ash-Shibyan: Jurnal Pendidikan dan Konseling, 3(02), 67–78. https://doi.org/10.46963/mash.v3i02.150
Gultom, A. L., Saparahayuningsih, S., & Suprapti, A. (2021). Faktor-faktor penghambat pelaksanaan kegiatan parenting di paud/tk dharma wanita persatuan Kota Bengkulu. Jurnal Pena PAUD, 2(1), 17-17. https://doi.org/10.33369/penapaud.v2i1.14140
Haryanti, D., Milata, S., & Ansory, A. L. (2021). Penanaman pendidikan karakter anak usia dini melalui penerapan program parenting di TK Alam Bangka Beli-tung. IJIGAEd: Indonesian Journal of Islamic Golden Age Education, 1(2), 11-20. https://e-journal.ejournal.metrouniv.ac.id/IJIGAEd/article/view/3348
Kristanti, E., & Sari, N. P. (2021). Optimalisasi parenting pada wali murid Paud “Kartini” melalui bimbingan kelompok sebagai upaya pembentukan karakter anak. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(6), 5–12. http://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm/article/view/5453%0Ahttps://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm/article/download/5453/pdf
Latif, M. A., Amir, R., Marzuki, K., Gaffar, F., & Nurhayati, S. (2023). Kolaborasi strategis lembaga paud dan orang tua di era digital melalui program parenting. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 3169–3180. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4485
Lasmini, L., Septiani, B., Aisyah, S., Selvia, E., & Putri, Y. F. (2022). Konsep dan tahapan pembentukan program parenting. Jurnal Multidisipliner Kapalamada, 1(02), 275–280. https://doi.org/10.62668/kapalamada.v1i02.184
Majid, A. N., & Aini, N. L. (2024). Implementasi program parenting education di Universitas Al-Amien Prenduan Kabupaten Sumenep, Jawa Timur. seulanga, 3(1), 13-24. https://doi.org/10.47655/0tre5k61
Mustarsida, U., Maarif, M. A., & Rusydi, I. (2023). Manajemen pengembangan karakter anak usia dini melalui kegiatan parenting. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(4), 855–866. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v4i4.689
Nurjanah, K. (2019). Pelaksanaan program parenting di Paud Terpadu Yayasan Putra Putri Godean, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 1(1), 40–51. https://doi.org/10.21831/diklus.v1i1.23851
Risna, I., Fricticarani, A., Havita, V. N., Lestari, P., Ardiansyah, S., Rohimah, I., & Fitri-yah, S. (2023, December). Positif parenting dalam menumbuhkan karakter anak usia dini. In Prosiding Seminar Umum Pengabdian kepada Masyarakat (Vol. 1, No. 2, pp. 302-307). http://conferences.lppmbinabangsa.ac.id/index.php/seumpama/article/view/36
Safitri, E., & Fatmawati, S. (2023). Pentingnya program parenting bagi orang tua terhadap perkembangan karakter anak. Bunayya: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 20-30. https://journal.almaarif.ac.id/index.php/bunayya/article/view/193
Sari, A. M., Susanti, R., & Rusdiana, N. (2024). Implementasi parenting positif dalam meningkatkan karakter anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2 (1), 1–10. https://doi.org/10.47134/paud.v2i1.934
Siti Sholichah, A., & Ayuningrum, D. (2021). Efektifitas kegiatan kajian parenting dalam meningkatkan kesadaran orang tua terhadap pengasuhan anak usia dini. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 1–9. https://doi.org/10.37985/murhum.v2i2.41
Page MJ, McKenzie, JE, Bossuyt, PM, Boutron, I., Hoffmann, TC, Mulrow, CD, Shamseer, L., Tetzlaff, JM, & Moher, D. (2021). Pernyataan PRISMA 2020 : Pedoman terbaru untuk pelaporan observasi sistematis . PLOS Med, 18 (3), e1003583 . https://doi.org/10.1371/journal.pmed.1003583.
Puspitasari, W. D., Santoso, E., & Rodiyana, R. (2021). Sistematic literatur review: media komik dalam pembelajaran di sekolah dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 737–743. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1202
Zahidah, U., Rizki Afifa, F., Trisia, E., Nopita Sari, S., & Putri, Y. F. (2022). Program parenting : konsep dan tahapan pembentukan program parenting. JIMR : Journal Of International Multidisciplinary Research, 1(01), 175–183. https://doi.org/10.62668/jimr.v1i01.236
Zahro, F. (2022). Manajemen kegiatan parenting dalam membentuk karakter anak. Educare: Jurnal Ilmu Pendidikan, 01(02), 92–103. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=3201905&val=28192&title=MANAJEMEN%20KEGIATAN%20PARENTING%20DALAM%20MEMBENTUK%20KARAKTER%20ANAK