Kontribusi Program Parenting Terhadap Pendidikan Karakter Anak Usia Dini : Systematic Literature Review

Penulis

  • Rafika Sita Camalia Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya, Kab. Tasikmalaya
  • Lutfi Nur Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya, Kab. Tasikmalaya
  • Purwati Purwati Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya, Kab. Tasikmalaya

DOI:

https://doi.org/10.22460/ceria.v8i1.26634

Kata Kunci:

Program Parenting ; Pendidikan Karakter; Anak Usia Dini;

Abstrak

Pembentukan karakter pada anak usia dini menjadi tantangan kompleks di era modern akibat pengaruh teknologi dan perubahan pola asuh dalam keluarga. Anak-anak pada masa keemasan memerlukan pola pengasuhan yang konsisten untuk mengembangkan karakter positif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kontribusi program parenting terhadap pendidikan karakter anak usia dini dengan menggunakan pendekatan Systematic Literature Review (SLR). Penelitian ini melibatkan seleksi dan analisis terhadap 10 artikel relevan yang dipilih melalui kriteria inklusi-eksklusi dan metode PRISMA. Hasil menunjukkan bahwa program parenting mampu meningkatkan wawasan orang tua, memperkuat kolaborasi antara keluarga dan sekolah, serta memberikan dampak positif pada pembentukan karakter anak, seperti kejujuran, disiplin, tanggung jawab, dan empati. Kebaruan penelitian ini adalah ditemukannya metode parenting berbasis teknologi, seperti komunikasi melalui media sosial, sebagai alat pendukung pengasuhan modern. Implikasi dari penelitian ini adalah pentingnya penerapan program parenting secara rutin untuk menciptakan sinergi antara pendidikan di rumah dan sekolah, sehingga anak dapat tumbuh dengan nilai-nilai moral yang kuat untuk menghadapi tantangan masa depan.

 

Referensi

Andhika, M. R. (2021). Peran orang tua sebagai sumber pendidikan karakter bagi anak usia dini. At-Ta’Dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 13(1), 73. https://doi.org/10.47498/tadib.v13i01.466

Chumaerotin, S., Munawar, M., & Karmila, M. (2021). Pentingnya program parenting pada era globalisasi di lembaga PAUD. In Seminar Nasional Paud 2019 (pp. 186-194). https://conference.upgris.ac.id/index.php/Snpaud2019/article/view/434

Dayat, D., & Kalvin Edo Wahyudi. (2024). Efektivitas kelas parenting dalam meningkatkan pola asuh anak di Kelurahan Banyu Urip. VISA: Journal of Vision and Ideas, 4(2), 263–272. https://doi.org/10.47467/visa.v4i2.1705

Devianti, R. (2020). Pendidikan karakter untuk anak usia dini. Mitra Ash-Shibyan: Jurnal Pendidikan dan Konseling, 3(02), 67–78. https://doi.org/10.46963/mash.v3i02.150

Gultom, A. L., Saparahayuningsih, S., & Suprapti, A. (2021). Faktor-faktor penghambat pelaksanaan kegiatan parenting di paud/tk dharma wanita persatuan Kota Bengkulu. Jurnal Pena PAUD, 2(1), 17-17. https://doi.org/10.33369/penapaud.v2i1.14140

Haryanti, D., Milata, S., & Ansory, A. L. (2021). Penanaman pendidikan karakter anak usia dini melalui penerapan program parenting di TK Alam Bangka Beli-tung. IJIGAEd: Indonesian Journal of Islamic Golden Age Education, 1(2), 11-20. https://e-journal.ejournal.metrouniv.ac.id/IJIGAEd/article/view/3348

Kristanti, E., & Sari, N. P. (2021). Optimalisasi parenting pada wali murid Paud “Kartini” melalui bimbingan kelompok sebagai upaya pembentukan karakter anak. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(6), 5–12. http://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm/article/view/5453%0Ahttps://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm/article/download/5453/pdf

Latif, M. A., Amir, R., Marzuki, K., Gaffar, F., & Nurhayati, S. (2023). Kolaborasi strategis lembaga paud dan orang tua di era digital melalui program parenting. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 3169–3180. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4485

Lasmini, L., Septiani, B., Aisyah, S., Selvia, E., & Putri, Y. F. (2022). Konsep dan tahapan pembentukan program parenting. Jurnal Multidisipliner Kapalamada, 1(02), 275–280. https://doi.org/10.62668/kapalamada.v1i02.184

Majid, A. N., & Aini, N. L. (2024). Implementasi program parenting education di Universitas Al-Amien Prenduan Kabupaten Sumenep, Jawa Timur. seulanga, 3(1), 13-24. https://doi.org/10.47655/0tre5k61

Mustarsida, U., Maarif, M. A., & Rusydi, I. (2023). Manajemen pengembangan karakter anak usia dini melalui kegiatan parenting. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(4), 855–866. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v4i4.689

Nurjanah, K. (2019). Pelaksanaan program parenting di Paud Terpadu Yayasan Putra Putri Godean, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 1(1), 40–51. https://doi.org/10.21831/diklus.v1i1.23851

Risna, I., Fricticarani, A., Havita, V. N., Lestari, P., Ardiansyah, S., Rohimah, I., & Fitri-yah, S. (2023, December). Positif parenting dalam menumbuhkan karakter anak usia dini. In Prosiding Seminar Umum Pengabdian kepada Masyarakat (Vol. 1, No. 2, pp. 302-307). http://conferences.lppmbinabangsa.ac.id/index.php/seumpama/article/view/36

Safitri, E., & Fatmawati, S. (2023). Pentingnya program parenting bagi orang tua terhadap perkembangan karakter anak. Bunayya: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 20-30. https://journal.almaarif.ac.id/index.php/bunayya/article/view/193

Sari, A. M., Susanti, R., & Rusdiana, N. (2024). Implementasi parenting positif dalam meningkatkan karakter anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2 (1), 1–10. https://doi.org/10.47134/paud.v2i1.934

Siti Sholichah, A., & Ayuningrum, D. (2021). Efektifitas kegiatan kajian parenting dalam meningkatkan kesadaran orang tua terhadap pengasuhan anak usia dini. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 1–9. https://doi.org/10.37985/murhum.v2i2.41

Page MJ, McKenzie, JE, Bossuyt, PM, Boutron, I., Hoffmann, TC, Mulrow, CD, Shamseer, L., Tetzlaff, JM, & Moher, D. (2021). Pernyataan PRISMA 2020 : Pedoman terbaru untuk pelaporan observasi sistematis . PLOS Med, 18 (3), e1003583 . https://doi.org/10.1371/journal.pmed.1003583.

Puspitasari, W. D., Santoso, E., & Rodiyana, R. (2021). Sistematic literatur review: media komik dalam pembelajaran di sekolah dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 737–743. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1202

Zahidah, U., Rizki Afifa, F., Trisia, E., Nopita Sari, S., & Putri, Y. F. (2022). Program parenting : konsep dan tahapan pembentukan program parenting. JIMR : Journal Of International Multidisciplinary Research, 1(01), 175–183. https://doi.org/10.62668/jimr.v1i01.236

Zahro, F. (2022). Manajemen kegiatan parenting dalam membentuk karakter anak. Educare: Jurnal Ilmu Pendidikan, 01(02), 92–103. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=3201905&val=28192&title=MANAJEMEN%20KEGIATAN%20PARENTING%20DALAM%20MEMBENTUK%20KARAKTER%20ANAK

Unduhan

Diterbitkan

2025-02-01