Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual untuk Mengenalkan Konsep Bilangan Anak Usia Dini melalui Kartu Angka Bergambar
DOI:
https://doi.org/10.22460/ceria.v8i5.27238Keywords:
Illustrated Number Cards, Number Concepts, Contextual Learning, Early ChildhoodAbstract
Rendahnya poin Indonesia pada kompentensi literasi matematika di Programme for International Student Assesment (PISA) yang dirilis oleh Kemendikbud tahun 2018 menjadi sebuah evaluasi untuk meningkatkan pemahaman peserta didik dalam kemampuan literasi matematika. Kemampuan tersebut mesti diajarkan sejak anak usia dini agar siap untuk jenjang pendidikan yang selanjutnya. Salah satu caranya yaitu dengan menerapkan model pembelajaran kontekstual untuk pengenalan konsep bilangan menggunakan media kartu angka bergambar. Tujuan dari artikel ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengenalan konsep bilangan pada anak usia 4-5 tahun dengan penerapan metode pembelajaran kontekstual menggunakan kartu angka bergambar. Metode penelitian yang digunakan yaitu studi literatur, untuk mempersiapkan langkah awal dalam menyusun kerangka penelitian dengan metode heuristik, yaitu mengumpulkan sumber dan data yang diperlukan yang memiliki keterkaitan dengan tema penelitian yang diangkat. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu berupa sumber jurnal, skripsi dan buku yang terkait dengan penelitian. Dengan analisis data menggunakan reduksi data, display data, dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian yang didapatkan bahwa penerapan model pembelajaran kontekstual untuk pengenalan konsep bilangan menggunakan media kartu angka bergambar merupakan cara yang efektif karena memberikan gambaran yang konkret untuk pengamatan yang dilakukan anak. Media kartu angka bergambar juga memberikan pengalaman pembelajaran yang menarik dan menyenangkan untuk anak.
Indonesia’s low performance in mathematical literacy, as reported in the 2018 Programme for International Student Assessment (PISA) by the Ministry of Education and Culture, highlights the need to strengthen students’ understanding of mathematical literacy from an early age. Early introduction of mathematical concepts prepares children for future learning. One approach is to use a contextual learning model to introduce number concepts through illustrated number cards. This article aims to examine how number concepts can be introduced to children aged 4–5 years through contextual learning with illustrated number cards. The study employed a literature review method to establish the groundwork for a research framework, applying a heuristic approach by gathering relevant sources and data. Data were collected from journals, theses, and books and analyzed using data reduction, data display, and conclusion drawing. The findings indicate that the use of a contextual learning model with illustrated number cards is effective in introducing number concepts to young children, as it provides concrete visual representations, enhances observation, and creates an engaging and enjoyable learning experience.
References
Anggraini, D. (2017). Penerapan pembelajaran kontekstual pada pendidikan anak usia dini. Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 39-46. https://doi.org/10.24853/yby.1.1.39-46
Charlesworth, R., & Lind, K. K. (2010). Math & Science for Young Children (sixth ed.). Wasdworth.
Destiani, S. (2018). Penerapan Media Pembelajaran Kartu Angka Bergambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Di TK Citra Darma Lampung Bar-at (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).
Hasibuan, P. D., & Zainal, A. (2007). Metodologi penelitian pada bidang ilmu komputer dan teknologi informasi; konsep, teknik, dan aplikasi. https://repository.peradaban.ac.id/200/
Kadir, A. (2013). Konsep pembelajaran kontekstual di sekolah. Dinamika ilmu, 13(1). https://doi.org/https://doi.org/10.21093/di.v13i1.20
Kemendikbud, R.I (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 146 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2019). Pendidikan di Indonesia Belajar dari Hasil: PISA 2018. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Komariah, H. (2018). Memperkenalkan Bilangan pada Anak Usia Dini. Cakrawala Dini, 4(2), 87-95. https://doi.org/10.17509/cd.v4i2.10388
Primaningsih, N. (2017). Penggunaan Media Kartu Angka Bergambar Dalam Mengenal Konsep Bilangan Usia 5-6 Tahun Di Tk. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 2(9).https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v2i9.3352
Ramaini, R. (2012). Peningkatan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Melalui Permainan Tabung Pintar Di Tk Negeri Pembina Lubuk Basung. Pesona Pendidikan Anak Usia Dini, 1(03), 1-13.https://doi.org/https://doi.org/10.24036/1655
Rohimah, R. (2019). Model Pembelajaran Kontekstual Meningkatkan Kemampuan Menulis Laporan Pesera Didik Kelas V Sdn 2 Pancor. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(1), 17-23. https://doi.org/https://doi.org/10.29408/didika.v5i1.1777
Sujiono, Y. N. (2013). Konsep dasar pendidikan anak usia dini (8th ed.). Jakarta: PT Indeks.
Tirtayanti, N. N., Lasmawan, W., & Dantes, N. (2013). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Kontekstual terhadap Prestasi Belajar IPS Ditinjau dari Minat Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar (Doctoral dissertation, Ganesha University of Education).
Trianto, (2008). Mendesain pembelajaran kontekstual (Contextual teaching and learning) di kelas. Surabaya: Cerdas Pustaka.