Implementasi Kartu Angka sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Simbolik Anak Usia Dini

Authors

  • Linda Herdiani Kelompok Bermain (KOBER) Al-Hanif, Kota Bandung
  • Sharina Munggaraning Westhisi Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi, Kota Cimahi https://orcid.org/0000-0002-8827-9282

DOI:

https://doi.org/10.22460/ceria.v8i5.28676

Keywords:

Number Cards, Symbolic Thinking

Abstract

Berpikir simbolik sangat penting bagi perkembangan anak usia dini. Berpikir simbolik seorang. Jika anak  tidak menerima stimulus yang tepat  maka mereka tidak akan berkembang dengan baik, maka harus didukung dengan stimulus yang benar. kembali. Tetapi kemampuan berpikir simbolik kelompok B masih kurang terlihat ada beberapa anak yang masih keliru antara angka dua dan lima, angka enam dan sembilan faktor penyebab kurang media pembelajaran yang belum begitu lengkap  serta metode belajar yang monoton. Untuk meningkatkan berpikir simbolik perlu adanya media yang menarik contohnya dengan media kartu angka. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan setelah diperkenalkannya media kartu angka langkah-langkah penelitian dalam paradigma desain Kemmis dan Mc Tanggarat yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas yang meliputi langkah-lamgkah rencana, tindakan, observasi dan regleksi. Subjek penelitian ini dilakukan pada kelompok B. Pengumpulan analisis data pada penelitian ini  menggunakan observasi dan teknik statistik deskriptif berupa persentase. Hasil penelitian ini terdapat perkembangan berpikir simbolik pada anak dengan kategorinilai  baik yaitu berkembang sesuai harapan. Terdapat hasil dari penelitian pada penelitian pra-siklus mencapai persentase 50%, dilanjut dengan sikus kesatu mencapai persentase 52% dan pada siklus kedua mencapai persentase 65% dengan capaian berkembang sesuai harapan.

Symbolic thinking plays a crucial role in early childhood development. Without appropriate stimulation, children may struggle to develop this ability effectively and thus require consistent support. However, in Group B, children’s symbolic thinking skills are still not well designed, as evidenced by difficulties distinguishing between certain numbers, such as two and five, or six and nine. This issue is largely due to the limited availability of learning media and the use of monotonous teaching methods. To enhance symbolic thinking, engaging media such as number cards can be used. The purpose of this study was to examine the development of symbolic thinking skills through the use of number card media. The research employed a classroom action research design based on the Kemmis and McTaggart model, comprising four stages: planning, action, observation, and reflection. The subjects of the study were children in Group B. Data were collected through observation and analyzed using descriptive statistical techniques presented in percentages. The findings showed that children’s symbolic thinking abilities improved to the category of “developing as expected.” In the pre-cycle, the achievement percentage was 50%, increasing to 52% in the first cycle and reaching 65% in the second cycle, indicating consistent progress in symbolic thinking development.

References

Amiran, S. (2016). EFEKTIFITAS PENGGUNAAN METODE BERMAIN DI PAUD NAZARETH OESAPA. Jurnal Pendidikan Anak (WEBSITE INI SUDAH BER-MIGRASI KE WEBSITE YANG BARU ==> Https: journal.uny.ac.id V3 Jpa), 5(1). https://doi.org/10.21831/jpa.v5i1.12367

Bodedarsyah, A., & Yulianti, R. (2019). Meningkatkan kemampuan berpikir simbolik anak usia dini kelompok a (usia 4-5 tahun) dengan media pembelajaran lesung ang-ka. Jurnal ceria, 2(6), 354-58. https://doi.org/10.22460/ceria.v2i6.p354-358

Djuariah, T., Noor, A. H., & Westhisi, S. M. (2022). Implementasi pembelajaran konsep bilangan dalam mengembangkan kemampuan berhitung anak kelompok b melalui bermain jenga angka. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 5(3), 357-366. https://doi.org/10.22460/ceria.v5i3.10971

Faojah, O, Yulianti, S, & Aprianti, E. (2020). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Simbolik dengan Kegiatan Bermain Kartu Angka pada Anak Usia Dini Kelompok 4-5 Tahun. Jurnal Ceria (Cerdas Energik Responsive Inovatif Adaptif), 3 (1), 40-45. 10.22460/ceria.v2i6.p354-358

Hasanah, N. A. R., Yuliyati, R., & Endang, E. (2022). Mengenal Angka Dengan Men-erapkan Permainan Kartu Angka Untuk Menstimulasi Kemampuan Kognitif Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Eduakasi dan Penelitian Tindakan Kelas, 1(1), 10-18. https://ejournal.ubibanyuwangi.ac.id/index.php/eduaksi/article/view/20

Oktaviani, E. (2019). Penggunaan Media Flashcard Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Tunas Bangsa Penantian Ulubelu Tanggamus(Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung). https://core.ac.uk/download/pdf/295430577.pdf

Prihantoro, A., & Hidayat, F. (2019). Melakukan penelitian tindakan kelas. Ulumuddin: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 9(1), 49-60. https://doi.org/10.47200/ulumuddin.v9i1.283.

Priyono, F. H., Rahmawati, A., & Pudyaningtyas, A. R. (2021). Kemampuan berpikir simbolik pada anak usia 5-6 tahun. Kumara Cendekia, 9(4), 212-217. https://doi.org/10.20961/kc.v9i4.53280

Rokhima, R., Khotijah, S., & Sumartiningsih, I. (2019). Penggunaan Media Kartu Angka Bergambar dalam Pembelajaran Anak Usia Dini Materi Pengenalan Angka dan Pengaruhnya Terhadap Motivasi Belajar. Laplace: Jurnal Pendidikan Matemat-ika, 2(1), 48-57. https://doi.org/10.31357/laplace.v2iI.194.

Tai, M. A., Meka, M., & Rawa, N. R. (2021). PENGEMBANGAN MEDIA KARTU ANGKA BERGAMBAR UNTUK MELATIH KEMAMPUAN KOGNITIF DA-LAM MENGENAL LAMBANG BILANGAN PADA ANAK USIA DINI. Jurnal Citra Pendidikan, 1(2), 323–333. https://doi.org/10.38048/jcp.v1i2.266

Undang-Undang Dasar Tahun 1945 pasal 31, ayat 1 dan 2 Tentang Wajibnya Pendidikan.

Veryawan, V. (2020). Kemampuan Berpikir Simbolik Anak Melalui Bermain Dengan Media Stick Angka. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo: Jurnal Pendidikan Dan Pembela-jaran Anak Usia Dini, 7(2). 69-74. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v7i2.8878

Published

2025-09-24