Eksplorasi Kegiatan Fun Cooking sebagai Upaya Pengembangan Kecerdasan Interpersonal Anak Usia Dini

Authors

  • Lisa Dwi Pramadhaningtyas Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi, Kota Cimahi
  • Fifiet Dwi Tresna Santana Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi, Kota Cimahi

DOI:

https://doi.org/10.22460/ceria.v8i5.29274

Keywords:

Interpersonal Intelligence, Fun Cooking, Early Childhood

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh anak yang cenderung egosentris dan jarang melihat peristiwa dari sudut pandang orang lain. Menanamkan kecerdasan interpersonal, dimana anak membutuhkan pendidikan yang memberikan kesan keindahan, kegembiraan, kesenangan serta pada jiwanya. Salah satu kegiatan pembelajaran yang menyenangkan adalah kegiatan fun cooking. Kegiatan fun cooking ini mengajak anak untuk berkelompok, berbagi dengan temannya, bekerja sama, dan menghasilkan sebuah karya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak kegiatan fun cooking terhadap kecerdasan interpersonal pada anak kelompok B di Pos PAUD Bina Tunas Bangsa, Karawang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Subyek penelitian berjumlah 10 anak kelompok B dan informan merupakan guru dan kepala sekolah. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakkan teknik analisis tematik. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh delapan anak yang tingkat prestasi perkembangannya sangat baik, lebih tinggi dibandingkan dua anak yang memperoleh tingkat prestasi perkembangan sesuai harapan. Hal ini telah tercapai sesuai dengan standar tingkat pencapaian perkembangan anak, namun hasilnya belum sempurna dan masih terdapat beberapa kekurangan.

This research was motivated by the observation that children tend to be egocentric and seldom consider events from the perspectives of others. Fostering interpersonal intelligence requires providing children with educational experiences that cultivate joy, harmony, and meaningful engagement. One effective activity is fun cooking, which encourages children to work collaboratively, share with peers, and create products together. The purpose of this study was to explore the impact of fun cooking activities on the interpersonal intelligence of children in Group B at the Bina Tunas Bangsa PAUD Post, Karawang. A qualitative approach with a case study design was employed. The research subjects consisted of 10 children from Group B, while teachers and the principal served as key informants. Data were collected through observation, interviews, and documentation, and analyzed using thematic analysis. The findings revealed that eight children demonstrated a very good level of developmental achievement, while two children reached the expected level. These results suggest that the developmental achievements of the children met the expected standards, although they were not entirely optimal and still showed certain limitations.

References

Acesta, A. (2019). Kecerdasan kinestetik dan interpersonal serta pengembangannya. Media sahabat cendekia. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=gbKeDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=Acesta,+A.+(2019).+Kecerdasan+kinestetik+dan+interpersonal+serta+pengembangann-ya.+Media+sahabat+cendekia.&ots=RmsuVw7gXO&sig=xurYGkIt4i0fd23J43iUhUPVZsQ&redir_esc=y#v=onepage&q=Acesta%2C%20A.%20(2019).%20Kecerdasan%20kinestetik%20dan%20interpersonal%20serta%20pengembangannya.%20Media%20sahabat%20cendekia.&f=false

Aisyah, S., Amini, M., Chandrawati, T., & Novita, D. (2014). Perkembangan dan konsep dasar pengembangan anak usia dini. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka

Arifin, S. (2017). Revitalisasi keluarga sebagai lingkungan pendidikan. Kariman: Jurnal Pendidikan Keislaman, 5(1), 1-22. https://doi.org/10.52185/kariman.v5i1.40

Azis, W. (2016). ANALISIS PEMANFAATAN KOMPUTER DALAM PROSES PEM-BELAJARAN ANAK USIA DINI (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indo-nesia). https://repository.upi.edu/25667/

Azmi, I. (2023). Pengaruh Kegiatan Fun Cooking Terhadap Kecerdasan Interpersonal Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Ilmiah Potensia, 9(1), 9–17. https://doi.org/10.33369/jip.9.1.9-17

Creswell, J. W. (2014). Penelitian Kualitatif & Desain Riset Edisi 3. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dewi, E. K. (2016). Pemanfaatan Komputer dalam Proses Pembelajaran Anak Usia Dini. Universitas Pendidikan Indonesia.

Emzir. (2012). Metodologi Penelitian Pendidikan Kuatitatif & Kualitatif. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Hancock, D. ., & Algozzine, R. (2006). Doing Case Study Research: A Pratical Guide for Beginning.

Hasanah, N. (2020). Meningkatkan Kemampuan Kerjasama Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Kegiatan Fun Cooking Di RA Darussalam Kedoya Jakarta Barat (Doctoral dissertation, Institut PTIQ Jakarta). https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/268/

Indonesia, P. P. R. (2021). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 57 Tentang Standar Nasional Pendidikan. Standar Nasional Pendidikan, 102501, 1–49.

Julyasari, D. S. (2017). Penerapan Metode Bermain Peran Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak Dzakiyah Kedamaian Antasari Bandar Lampung (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung). https://repository.radenintan.ac.id/1602/

Juniarti, F., Jumiatin, D., & Ariyanto, A. A. (2019). mengembangkan kecerdasan interpersonal melalui metode bermain peran pada anak usia dini di RA Al Hidayah Bandung. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 1(5), 1-6. https://doi.org/10.22460/ceria.v1i5.p1-6

Mirawati, M., & Nurkamilah, M. (2018). Fun cooking: pembelajaran matematika yang menyenangkan bagi anak usia dini. Early Childhood: Jurnal Pendidikan, 2(1), 1-6. 10.35568/earlychildhood.v2i1.230

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.

Pembinaan, D., Anak, P., & Dini, U. (2018). Program Ilmuwan Kecil (Direktorat pembinaan pendidikan anak usia dini (ed.); 1st ed.).

Rahmawati, C. W. (2015). Identifikasi Kecerdasan Interpersonal Anak Usia 4-5 Tahun di TK Gugus Sido Mukti Kecamatan Mantrijeron Kota Yogyakarta. Pendidikan Guru PAUD S-1.

Rahmi, P. (2018). Strategi Pembelajaran Anak Usia Dini Berbasis Kecerdasan Interpersonal. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, 4(2), 45-56. https://d1wqtxts1xzle7.cloudfront.net/104961027/304201212-libre.pdf?1691911168=&response-content-disposi-tion=inline%3B+filename%3DStrategi_Pembelajaran_Anak_Usia_Dini_Ber.pdf&Expires=1758605951&Signature=St4Fky7phMMRJ5srDeDuJZ~~owdI0BFSSyU88Jm0b031L69zhwA1w~FWR-ZfHjIpR2tInPFE6cyrBkBB9muzUzulx6EkyDp1iII-cjZSeWMew47Ws18krodw0VW-MeFIjy3RXmQBWwlBCcuaIgj8cpbsLxlsPZ4T4dZcFVIWOcYEC5l1qxHUglAGQYX-idsXvUu3QLDyWz6Xg2rceb9R7DwLEOV0oewAvOyFdhIDHtcuUryZq6BnSGFWK8t5vMMfiiUbw0hFvQ-X~rkIsmFBfeXLuErfExMHjToJCFst~2QQJbpppecDM4H-YR9Jsf3~tNcfcre82igOAJqvwK5y0SA__&Key-Pair-Id=APKAJLOHF5GGSLRBV4ZA

Wijaya, R. (2018). Implementasi Bermain Peran Untuk Meningkatkan kecerdasan Inter-personal Pada Anak Kelompok B Usia 5-6 Tahun Di TK PGRI Bandar Lam-pung (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung). https://repository.radenintan.ac.id/4881/

Wulandari, W., Jaenudin, R., & Rusmin, A. R. (2018). Analisis kecerdasan interpersonal peserta didik pada pembelajaran ekonomi di kelas X SMA negeri 2 tanjung ra-ja. Jurnal PROFIT: Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi, 3(2), 183-194. https://core.ac.uk/download/pdf/267824891.pdf

Published

2025-09-24