Pengembangan Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif pada Materi Bangun Ruang Menggunakan Model Stad untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar

Authors

  • Pupu Pauziah PGSD IKIP Siliwangi
  • Sylvia Rabbani

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media powerpoint interaktif pada materi bangun ruang (limas) dengan menggunakan model Student Team Achivment Division (STAD) untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa kelas V Sekolah Dasar. Metode dalam penelitian ini menggunakan R&D (Reseach and Develovment) dimana penelitian ini menggunakan dua uji coba, yaitu uji coba skala terbatas dan uji coba skala luas. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V MI Baiturrahim tahun ajaran 2022-2023 untuk subjek uji skala terbatas yaitu 10 siswa dan uji skala luas 37 siswa. Pada penelitian ini menggunakan instrument soal tes, lembar observasi, angket serta wawancara didukung dengan dokumentasi. Kesimpulan dari pengembanga media pembelajaran memperoleh skor dari ahli materi 91,67%, ahli media 77,78% dan ahli praktisi 86,67% hasil angket respon siswa memperoleh skor 79,73% dengan kategori baik dan hasil observasi siswa mendapat skor 77,25 dengan kategori baik. Sedangkan pada hasil uji n-gain mendapat skor 0,46 dengan interpretasi sedang pada uji coba terbatas dan 0,41 dengan interpretasi sedang pada uji coba luas yang artinya kemampuan konsep pemahaman siswa mengalami peningkatan setelah menggunakan media powerpoint interaktif, dan kendala yang dialami yaitu manajemen waktu dan keterbatasan dalam bimbingan kelompok.

Published

2025-10-06

Issue

Section

Articles