PENGEMBANGAN APLIKASI JAPATI (JADI PUSAT ATENSI SISWA) UNTUK MEMBANTU GURU MENINGKATKAN KONSENTRASI ANAK DENGAN GANGGUAN PEMUSATAN PERHATIAN DI SDN CIJATI
Abstract
Pengembangan aplikasi JAPATI (Jadi Pusat Atensi Siswa) bertujuan untuk memberikan dukungan kepada guru yang menghadapi tantangan dalam menangani anak dengan gangguan pemusatan perhatian di kelas 2 SDN Cijati. Gejala gangguan pemusatan perhatian pada anak dapat dideteksi sejak dini. Mengetahui dan memahami gejala tersebut sangat penting, karena semakin dini gejala tersebut disadari maka semakin tinggi probabilitas keberhasilan dalam penanganannya. Apabila permasalahan ini tidak ditangani sedini mungkin, maka akan mempengaruhi tumbuh kembang anak. Namun kenyataan yang terjadi adalah belum banyak guru yang paham dengan situasi anak dengan indikasi gangguan pemusatan perhatian/hiperaktifitas. Akibatnya, anak dengan permasalahan tersebut tidak mendapatkan perlakuan khusus yang dapat membantu anak untuk berkembang. Oeh karena itu, penulis merancang aplikasi JAPATI yang diharapkan dapat memberi pemahaman bagi guru tentang anak dengan indikasi gangguan pemusatan perhatian/hiperaktifitas, khususnya di sekolah dasar. Aplikasi JAPATI berbasis teknologi informasi dan dirancang dengan memanfaatkan teknologi interaktif. Fitur-fitur aplikasi mencakup informasi tentang metode penanganan siswa dengan gangguan pemusatan perhatian dan permainan interaktif yang dapat memberikan stimulus untuk meningkatkan konsentrasi belajar. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D). Dengan dikembangkannya aplikasi JAPATI maka diharapkan guru bisa mendapatkan solusi dalam menangani permasalahan tersebut serta dapat memberikan kontribusi terhadap peningkatan konsentrasi belajar anak.
Kata Kunci: pengembangan, aplikasi, gangguan pemusatan perhatian/hiperaktivitas
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Aisya Azzahra Saptani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.