Pengaruh Pembelajaran Berdiferensiasi terhadap Hasil Belajar Materi Keberagaman Kelas V SDN Pandeanlamper 03 Semarang
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh pembelajaran berdiferensiasi terhadap hasil belajar siswa materi keberagaman kelas V SDN Pandeanlamper 03 Semarang. Jenis penelitian ini adalah eksperimen menggunakan pendekatan kuantitatif. Dalam penelitian ini teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu sampel jenuh nonprobability sampling. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah one group pretest-posttest design. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah tes tertulis dan dokumentasi kegiatan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil t-test diperoleh = 7,064 > = 2,056 sehingga ditolak dan diterima. Hasil analisis N-gain sebesar 0,68 yang termasuk kriteria sedang. Simpulan penelitian ini adalah terdapat pengaruh pembelajaran berdiferensiasi terhadap hasil belajar siswa materi keberagaman kelas V SDN Pandeanlamper 03 Semarang.
Kata Kunci: Pembelajaran berdiferensiasi, Hasil belajar, Materi keberagaman
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Janatun Naim

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.