Analisis Kemampuan Guru dalam Mengadakan Variasi Penggunaan Media Pembelajaran terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar
Abstract
Abstrak
Belajar dapat melalui berbagai kegiatan, salah satunya dapat melalui Pendidikan. Manusia mendapatkan Pendidikan secara formal di sekolah dapat melalui suatu proses pembelajaran. Belajar dan pembelajaran adalah sesuatu hal yang saling berhubungan. Proses pembelajaran mempunyai unsur yang dapat menjadikan suatu pembelajaran yang utuh dan baik. Salah satu komponen pembelajaran adalah guru. Guru harus memiliki keterlampilan dasar dalam mengajar. Salah satu dari keterlampilan dasar dalam mengajar yaitu keterlampilan mengadakan variasi mengajar. Variasi dalam mengajar dikelompokkan menjadi 3 kelompok meliputi variasi dalam gaya mengajar guru, variasi dalam penggunaan media, dan variasi pola interaksi. Terlepas dari itu semua, guru juga harus bisa membangkitkan suasana kelas dan memotivasi siswa.motivasi ini berupa doronagn yang ada dalam diri siswa untuk mau belajar. Proses perubahan tersebut harus dilakukan guru ketika mengajar dengan tujuan supaya proses pembelajaran tidak monoton dan peserta didik tidak mengalami kebosanan saat proses pembelajaran berlangsung. Metode dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Metode penelitian deskriptif kualitatif ini dapat mendeskripsikan atau menggambarkan hasil analisis suatu peristiwa atau kasus yang sebenarnya terjadi di lapangan, tanpa memanipulasi data yang diperoleh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variasi dalam penggunaan media cukup memuculkan indikator-indikator motivasi belajar siswa.
Kata Kunci: Pembelajaran, Variasi Mengajar, Motivasi.
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Fitrianti Pratamy

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.