Analisis Penerapan Model Porject based Learning di Sekolah Dasar pada Mata Pelajaran IPAS mengenai Konsep Budidaya Tanaman.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) di sekolah dasr, khususnya dalam konteks pembelajaran konsep budidaya tanaman. PjBL berbasis pembelajaran yang memfokuskan pada keterlibatan aktif siswa melalui proyek nyata yang menantang, yang dirancang untuk meningkatkan pemahaman mereka terhadap materi pelajaran. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus di salah satu sekolah dasar. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dengan guru dan siswa, serta analisis dokumen terkait. Hasil peelitian menunjukkan bahwa penerapan model PjBL pada topik budidaya tanaman berhasil meningkatkan pemahaman konsep siswa, keterampilan berpikir kritis, dan kemampuan kolaborasi. Siswa menunjukkan antusiasme yang tinggi dalam mengikuti pembelajaran dan mampu mengaitkan teori dengan praktik melalui proyek yang siswa lakukan. Meskipun demikian, ditemukan beberapa tantangan seperti keterbatasan waktu dan sumber daya, serta kebutuhan akan pelatihan lebih lanjut bagi guru dalam menerapkan PjBL secra efektif. Kesimpulan dari penelitian ini menyatakan bahwa model PjBL efektif untuk pembelajaran IPAS, khususnya dalam topik budidaya tanaman, namun memerlukan dukungan yang memadai dari segi sumber daya dan pelatihan guru.
Kata Kunci: Project Based Learninb,IPAS,Budidaya Tanaman.
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Syanie Noeraisyiah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.