Analisis Preferensi Siswa Kelas IV Terhadap Penggunaan Kamus Pada Pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Dasar

Authors

  • Risqa Padilasari Universitas Pendidikan Indonesia
  • Erwin Rahayu Saputra Universitas Pendidikan Indonesia
  • Anggit Merliana Universitas Pendidikan Indonesia

Abstract

Abstract

This study aims to explore the use of dictionaries in English language learning. The background of dictionary use in English learning is based on the observation that students' learning outcomes in English are suboptimal, largely due to difficulties in understanding the meanings of English vocabulary. The utilization of dictionaries is seen as a solution to assist students in finding the meanings of unknown English vocabulary. This assertion is supported by research findings indicating that the use of dictionaries improves the quality of learning. The study employs a qualitative approach with a descriptive method. Data collection techniques include the use of questionnaires. The researcher selected Google Forms as the instrument for collecting questionnaire data. The results of this study show that 62.49% of students responded "yes," while 37.51% responded "no." This indicates that the use of dictionaries in English language learning received a positive response from students.

 

Keyword: Dictionary, Response, English Language Learning

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan kamus pada pembelajaran bahasa Inggris. Penggunaan kamus dalam pembelajaran bahasa Inggris dilatarbelakangi oleh keadaan yang menunjukkan tidak optimalnya hasil belajar siswa pada pembelajaran bahasa Inggris yang disebabkan oleh kesulitan siswa dalam memahami arti kosakata bahasa Inggris. Pemanfaatan kamus dijadikan solusi sebagai alat bantu untuk mencari arti kosakata bahasa Inggris yang belum diketahui. Keterangan tersebut terbukti dalam hasil penelitian yang menunjukkan bahwa dengan menggunakan kamus, kualitas pembelajaran jadi lebih baik. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengambilan data pada penelitian ini adalah angket atau kuesioner. Peneliti memilih media google form sebagai instrumen dalam pengumpulan data angket atau kuesioner. Hasil dari penelitian ini menunjukkan persentase 62,49% siswa menjawab “ya” dan 37,51% siswa menjawab “tidak”. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan kamus pada pembelajaran bahasa Inggris mendapatkan respon positif dari jawaban siswa.

 

Kata Kunci: Kamus, Tanggapan, Pembelajaran Bahasa Inggris

Published

2025-09-30

Issue

Section

Articles