Strategi Manajemen Ekstrakurikuler sebagai Wadah Minat dan Bakat Siswa Sekolah Dasar: Studi Literatur
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis strategi manajemen ekstrakurikuler di sekolah dasar, serta dampaknya terhadap pengembangan minat dan bakat siswa. Berdasarkan kajian literatur, manajemen ekstrakurikuler yang baik dapat berkontribusi signifikan dalam meningkatkan keterampilan sosial, memperluas wawasan, dan membangun rasa percaya diri siswa. Penelitian ini mengungkapkan bahwa faktor-faktor seperti dukungan dari pihak sekolah, keterlibatan orang tua, serta ketersediaan sumber daya yang memadai, termasuk fasilitas dan tenaga pengajar yang kompeten, sangat mempengaruhi keberhasilan kegiatan ekstrakurikuler. Jenis kegiatan ekstrakurikuler yang populer di sekolah dasar, seperti olahraga, seni, dan kegiatan berbasis sains, terbukti efektif dalam mengembangkan minat dan bakat siswa. Meskipun demikian, penelitian ini juga mengidentifikasi beberapa tantangan dalam pengelolaan ekstrakurikuler, seperti keterbatasan anggaran, kurangnya pelatihan bagi pembina, dan kurangnya keterlibatan siswa. Oleh karena itu, diperlukan solusi yang tepat untuk mengatasi tantangan ini agar kegiatan ekstrakurikuler dapat dilaksanakan secara optimal. Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam memahami pentingnya manajemen ekstrakurikuler yang baik dan bagaimana hal tersebut dapat mendukung perkembangan holistik siswa di sekolah dasar.
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Fajar Nuriman, Yusbowo, Siti Patimah, Arinda Firdianti, Naya Fakhita Rizki, Suwarno B

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.