Hubungan Secure Attachment Guru dengan Rasa Percaya Diri Siswa

Penelitian Korelasional pada Siswa di Kelas IV SD Negeri 11 Kuningan Tahun Ajaran 2024/2025

Authors

  • Muhamad Tri Taufik Universitas Kuningan
  • Myrna Apriany Lestari Universitas Kuningan
  • Febby Fajar Nugraha Universitas Kuningan

Abstract

Abstrak

Penelitian ini didasarkan pada asumsi bahwa secure attachment yang rendah dapat mempengaruhi rasa percaya diri siswa. Siswa membutuhkan rasa percaya diri tinggi agar siswa tersebut yakin terhadap kemampuan diri sendiri, optimis, sehingga mampu menghadapi situasi dengan sebaik mungkin. Secure attachment atau (kelekatan aman) adalah prilaku kasih sayang dan rasa hangat dalam keluarga yang diberikan oleh orang tua atau figur lekat lainnya yang secara konsisten dan responsif terhadap kebutuhan siswa, figur lekat dalam konteks pendidikan dalam penelitian ini yaitu guru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hubungan secure attachment guru dengan rasa percaya diri siswa. Jenis penelitian ini yaitu kuantitatif dengan metode survei dan pendekatan korelasional. Teknik pengambilan sampel penelitian ini yaitu simple random sampling. Data dianalisis menggunakan uji korelasi pearson product moment. Dari hasil perhitungan uji korelasi pearson product moment diperoleh niai koefisien korelasi  untuk hubungan secure attachment guru dengan rasa percaya diri siswa adalah sebesar 0,793. Hal ini terbukti dari  0,793 >  0,468 dengan signifikansi 0,5 maka H₁ diterima yang berarti terdapat hubungan secure attachment guru dengan rasa percaya diri siswa.

 

Published

2025-09-30

Issue

Section

Articles