Efektivitas model window shopping terhadap berpikir kreatif dan kolaborasi siswa kelas V SD
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menelaah efektivitas model pembelajaran Window Shopping dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan keterampilan kolaboratif siswa kelas V sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode pre-eksperimental dengan desain one group pretest-posttest. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V sekolah dasar yang ada di Kabupaten Purwakarta dan berjumlah 30 siswa. Instrumen yang digunakan meliputi tes kemampuan berpikir kreatif serta lembar observasi kolaborasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan kemampuan berpikir kreatif siswa, ditunjukkan oleh peningkatan skor rata-rata dari 61,23 menjadi 88,40 dan hasil uji paired sample t-test sebesar 0,000 (p < 0,05) yang menunjukkan adanya perbedaan rata-rata pada sebelum dan setelah diberikan pebelajaran. Nilai N-Gain sebesar 0,69 mengindikasikan adanya peningkatan pada kategori sedang. Secara spesifik setiap indikator berpikir kreatif mengalami peningkatan, indikator originality menunjukkan peningkatan tertinggi sebesar 0,31 poin. Di sisi lain, hasil observasi menunjukkan bahwa keterampilan kolaborasi siswa meningkat dari kategori sedang (59%) pada pertemuan pertama menjadi sangat baik (82%) pada pertemuan kedua, dengan peningkatan tertinggi pada indikator penghargaan terhadap kontribusi anggota kelompok. Temuan ini menunjukkan bahwa model Window Shopping secara signifikan mampu memfasilitasi pengembangan berpikir kreatif dan kolaboratif sebagai bagian dari kompetensi esensial pembelajaran abad ke-21.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Window Shooping, Berpikir Kreatif, Kolaborasi
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Adiarni Decintya Syafitri, Hadi Ismanto, Siti Sarah, Eva Lumban Gaol, Evi Linda Sitanggang, Galih Dani Septiyan Rahayu

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.