PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE STAD DIBANTU MEDIA VIDEO UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS 2 SDN 1 SAMUDRA KULON
Abstract
Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus. Penelitian dilakukan di SD Negeri Samudra Kulon Kecamatan Gumelar, Kabupaten Banyumas. Objek dari penelitian ini yaitu siswa kelas 2 SD Negeri 1 Samudra Kulon. Terdiri dari 27 siswa, yang mana terdapat 15 laki-laki dan 12 perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Tes dan Non Tes. Penelitian ini mengkombinasikan antara STAD (Student Teams Achievements Division) disertai dengan Media Video dapat menjadi jawaban untuk mengatasi permasalahan rendahnya motivasi dan prestasi belajar pada siswa kelas 2. Dan permasalahan tersebut dapat diatasi dengan model STAD berbantu media video yang dibuktikan dengan hasil angket motivasi belajar siswa pada siklus I dan siklus II terjadi peningkatan motivasi belajar walaupun tidak signifikan. Siklus I dengan jumlah sebesar 81,4 meningkat pada siklus II menjadi 85,1 dengan kriteria baik. Hasil prestasi belajar yang diukur dengan soal evaluasi pada siklus I memperoleh rata-rata 70,5 dengan persentase sebesar 68,4% mengalami peningkatan pada siklus II dengan nilai rata-rata 85,9 persentase ketuntasan sebesar 90,6%.
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Linda P Pratiwi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.