PEMBELAJARAN DARING MATERI SATUAN WAKTU PADA SISWA SD KELAS II DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI BERABNTUAN ALAT PERAGA JAM PINTAR
Keywords:
Kata Kunci, Pembelajaran daring, Metode demonstrasi, siswa kelas dua SDAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui skenario dan impelmentasi, respon siswa dan guru, kesulitan pada siswa dan kendala yang dihadapi guru selama proses pembelajaran daring materi satuan waktu berbantuan alat peraga jam pintar. Dengan subjek penelitian yaitu siswa SD kelas dua sebanyak 25 orang. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriftif kualitatif. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu angket, wawancara dan observasi. Hasil penelitian dari skenario dan implementasi menunjukkan adanya temuan di lapangan yaitu siswa dapat belajar lebih aktif dengan cara guru menggunakan alat peraga yang ditunjukan kepada siswa . Respon guru dan siswa menunjukan hasil yang baik. Kesulitan yang dihadapi oleh siswa pada pembelajaran daring materi satuan waktu yaitu pemahamanan dalam menentukan detik, menit dan jam. Adapun kendala yang dihadapi guru yaitu keterbatasan dalam berkomunikasi dengan siswa. Jadi dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode demonstrasi pada pembelajaran daring materi satuan waktu dapat menjadi pembelajaran baru dan dapat melatih siswa dan guru supaya lebih aktif.Â
Â
Â
Â
References
Altaftazani, D. H., Arga, H. S. P., Kelana, J. B., & Ruqoyyah, S. (2020). Analisis Pembelajaran Daring Membuat Seni Kolase Menggunakan Model Project Based Learning pada Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Ilmiah P2M STKIP Siliwangi, 7(2), 185–191.
Kemendikbud. (2020). Surat Edaran Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Nomor 1 tahun 2020 Tentang Pencegahan Covid-19 di Perguruan Tinggi. Jakarta.
Mainis, F., & others. (2011). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Metode Demonstrasi pada Pembelajaran Matematika Kelas II Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 3(12).
Nusantara, T. S. (2021). Strategi Cerdas Bank Soal Matematika SD Kelas IV, V, VI.
Rohmah, S. N. (2021). Srategi Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: UAD Press.
Susanto, A. (2016). Teori belajar dan pembelajaran di sekolah dasar. Kencana.
Syafdaningsih, R. (2020). Pembelajaran Matematika Anak Usia Dini. Tasikmalaya: Edu Pulisher.
Waskitoningtyas, R. S. (2016). Analisis kesulitan belajar matematika siswa kelas v sekolah dasar kota balikpapan pada materi satuan waktu tahun ajaran 2015/2016. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 5(1), 24–32
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.