PKM: PELATIHAN PENYUSUNAN SOAL AKM BAGI GURU DI KABUPATEN PANGANDARAN

Authors

  • Ratna Sariningsih Program Studi Pendidikan Matematika, IKIP Siliwangi
  • Gida Kadarisma Program Studi Pendidikan Matematika, IKIP Siliwangi
  • Muhammad Ghiyats Ristiana Program Studi PGSD, IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/as.v5i2.10376

Keywords:

Workshop, minimum Competency assessment, Literacy, Numeracy

Abstract

Pemerintah mengeluarkan kebijakan untuk mengganti Ujian Nasional dengan Asesmen Nasional yang didalamnya memuat asesmen Kompetensi minimum (AKM). Jenis soal AKM masih belum familiar di kalangan guru oleh karena itu tujuan dari pengabdian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan guru dalam Menyusun soal AKM. Metode dalam pengabdian ini adalah pelatihan dan workshop penyusunan soal AKM yang dilaksankan 3 sesi. Instrumen yang menjadi acuan kegiatan ini adalah angket dengan 14 pernyataan untuk mengukur pemahaman dan keterampilan guru dalam Menyusun soal AKM, subjek dalam pengabdian ini sebanyak 100 guru di kabupaten Pangandaran yang terdiri dari guru sekolah dasar dan menengah Adapun lokasi pengabdian yaitu di SDN 2 Pananjung Kab. Pangandaran. Hasil penngabdian ini yaitu pemahaman dan keterampilan guru dalam Menyusun soal berbasis AKM meningkat sebesar 34,72% dan masuk dalam kategori baik. Kemudian respon guru positif terhadap kegiatan pelatihan ini. Hasil pengabdian ini diharapkan dapat di implementasikan dalam pembelajaran guru di kelas dengan memberikan soal-soal berbasis AKM kepada siswa agar siswa lebih siap dalam menghadapi Asesmen Nasional.

References

Andreas, S. (2019). PISA 2018: Insights and Interpretations. OECD Publishing.

Arum Nisma Wulanjani, & Candradewi Wahyu Anggraeni. (2019). Meningkatkan Minat Membaca melalui Gerakan Literasi Membaca bagi Siswa Sekolah Dasar. Proceeding of Biology Education, 3(1), 26–31. https://doi.org/10.21009/pbe.3-1.4

Kadarisma, G., Senjayawati, E., & Amelia, R. (2019). Pedagogical Content Knowledge Pre-Service Mathematics Teacher. Journal of Physics: Conference Series, 1315(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1315/1/012068

Kadarisma, Gida, & Amelia, R. (2018). Epistemological Obstacles in Solving Equation of Straight Line Problems. International Conference on Mathematics and Science Education of Universitas Pendidikan Indonesia, 905–910.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Materi Pendukung Literasi Numerasi. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 8, Issue 9).

Poernomo, E., Kurniawati, L., & Atiqoh, K. S. N. (2021). Studi Literasi Matematis. ALGORITMA: Journal of Mathematics Education, 3(1), 83–100. http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/algoritma/article/view/20479

Tohir, M. (2019). Hasil PISA Indonesia Tahun 2018 Turun Dibanding Tahun 2015 (Indonesia’s PISA Results in 2018 are Lower than 2015). 2018–2019.

Downloads

Published

2022-06-25

Issue

Section

Articles