PENGGUNAAN INTERNET SEBAGAI OPTIMALISASI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS (PROGRAM PENGABDIAN PADA MASYARAKAT DI DESA MARGALUYU KECAMATAN CIPENDEUY)
(1) English Department Language faculty IKIP SILIWANGI
(*) Corresponding Author
Abstract
Tingkat kesadaran mengenai pendidikan secara umum dan kemampuan berbahasa Inggris yang masih rendah, menyebabkan para guru Bahasa Inggris merasa kesulitan dalam menyampaikan materi. Kurangnya inovasi serta sulitnya sarana dan prasarana menyebabkan kreativitas guru terhambat. Berdasarkan penjelasan diatas, berikut ini merupakan beberapa masalah yang dapat diidentifikasi: 1) pembelajaran bahasa Inggris yang masih berjalan kurang efektif 2) Guru membutuhkan inovasi pembelajaran baru. Metode yang dilaksanakan dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah seminar kepada para guru dengan menggunakan optimalisasi penggunaan internet, terutama media gambar dan worksheet. Materi yang diberikan meliputi : 1) penggunaan media gambar pada tingkatan sekolah SD,SMP dan SMA , 2) penggunaan worksheet dan internet. Berdasarkan penjelasan tersebut tim kami mengadakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan judul ‘Penggunaan internet sebagai optimalisasi instructional media pembelajaran bahasa Inggris”. Hasil dari kegiatan tersebut berjalan dengan baik. Diharapkan para guru dapat meningkatkan potensi dalam mengajar dengan terus banyak berlatih, terutama terkait teknologi.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Azhar,Arsyad.(2002).” Media pengajaran”. Jakarta: PT RadjaGrafindo Persada
Bahan Ajar.(2011). “Belajar dan Pembelajaran” oleh tim penyusun FIP Universitas Negeri Padang
Cameron,Lynne. (2001).”Teaching languages to young learner”.United Kingdom : Cambridge
Carter, Stephen, Renassance.(1999).”Management : the Rebirth Energy and Innovation in
people and Organisation”. USA : Biddles Ltd, Guilford and King’s Lynn.
Dedianty,Maya. (2002).”Teacher students competences in teaching young learner”. TEFLIN 2 : From policy to classroom
Daryanto.(2013).”Media pembelajaran: peranannya sangat penting dalam mencapai tujuan pembelajaran”.Yogyakarta : Penerbit Gava Media
Mahnun,Nunu.(2012).”Media pembelajaran : Kajian terhadap langkah pemilihan media”. UIN Suska Riau : Jurnal Pemikiran Islam Vol 37 No 1 Januari –Juni 2012
Ratnaningsih,Made.(2013).”Pelatihan penggunaan classroom language dalam pembelajaran bahasa Inggris di sekolah dasar di kecamatan Sukasada Kabupaten Buleleng”.Singaraja : Universitas Pendidikan Ganesha.
Sadiman Arief S. Dr. M.Sc. (2008).” Media Pendidikan”. Jakarta: RajaGarafindo Persada.
Wibowo,Wahyu Arif.(2013).”Pemanfaatan internet sebagai sumber pembelajaran oleh guru pendidikan jasmani olah raga dan kesehatan sekolah dasar negeri se-kecamatan Mrebet Purbalingga”.Yogyakarta:Universitas Negeri Yogyakarta.
Yusufhadi,Miarso.(1986).”Teknologi Komunikasi Pendidikan, Pengertian dan Penerapannya di Indonesia” . Jakarta: Pustekkom Dikbud dan CV Radjawali dalam rangka ECD Project (USAID),
DOI: http://dx.doi.org/10.22460/as.v1i2p61-74.106
Article Metrics
Abstract view : 1243 timesPDF - 2453 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher Address:
Jl. Terusan Jend. Sudirman, Baros, Kec. Cimahi Tengah, Kota Cimahi, Jawa Barat 40521
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarkat, IKIP Siliwangi
Gedung A Lantai 2 Ruang A24
Email: abdimassiliwangi@gmail.com
Click to access: Abdimas Siliwangi
E-ISSN : 2614-6339
P-ISSN : 2614-7629