PENGGUNAAN INTERNET SEBAGAI OPTIMALISASI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS (PROGRAM PENGABDIAN PADA MASYARAKAT DI DESA MARGALUYU KECAMATAN CIPENDEUY)

Cynantia Rachmijati(1*)

(1) English Department Language faculty IKIP SILIWANGI
(*) Corresponding Author

Abstract


Tingkat kesadaran mengenai pendidikan secara umum dan kemampuan berbahasa Inggris yang masih rendah, menyebabkan para guru Bahasa Inggris merasa kesulitan dalam menyampaikan materi. Kurangnya inovasi serta sulitnya sarana dan prasarana menyebabkan kreativitas guru terhambat. Berdasarkan penjelasan diatas, berikut ini merupakan beberapa masalah yang dapat diidentifikasi: 1) pembelajaran bahasa Inggris yang masih berjalan kurang efektif 2) Guru membutuhkan inovasi pembelajaran baru. Metode yang dilaksanakan dalam kegiatan  pengabdian masyarakat ini adalah seminar kepada para guru dengan menggunakan optimalisasi penggunaan internet, terutama media gambar dan worksheet. Materi yang diberikan meliputi : 1) penggunaan media gambar pada tingkatan sekolah SD,SMP dan SMA , 2) penggunaan worksheet dan internet. Berdasarkan penjelasan tersebut tim kami mengadakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan judul ‘Penggunaan internet sebagai optimalisasi instructional media pembelajaran bahasa Inggris”. Hasil dari kegiatan tersebut berjalan dengan baik. Diharapkan para guru dapat meningkatkan potensi dalam mengajar dengan terus banyak berlatih, terutama terkait teknologi.


Keywords


media,picture,worksheet,interent

Full Text:

PDF

References


Azhar,Arsyad.(2002).” Media pengajaran”. Jakarta: PT RadjaGrafindo Persada

Bahan Ajar.(2011). “Belajar dan Pembelajaran” oleh tim penyusun FIP Universitas Negeri Padang

Cameron,Lynne. (2001).”Teaching languages to young learner”.United Kingdom : Cambridge

Carter, Stephen, Renassance.(1999).”Management : the Rebirth Energy and Innovation in

people and Organisation”. USA : Biddles Ltd, Guilford and King’s Lynn.

Dedianty,Maya. (2002).”Teacher students competences in teaching young learner”. TEFLIN 2 : From policy to classroom

Daryanto.(2013).”Media pembelajaran: peranannya sangat penting dalam mencapai tujuan pembelajaran”.Yogyakarta : Penerbit Gava Media

Mahnun,Nunu.(2012).”Media pembelajaran : Kajian terhadap langkah pemilihan media”. UIN Suska Riau : Jurnal Pemikiran Islam Vol 37 No 1 Januari –Juni 2012

Ratnaningsih,Made.(2013).”Pelatihan penggunaan classroom language dalam pembelajaran bahasa Inggris di sekolah dasar di kecamatan Sukasada Kabupaten Buleleng”.Singaraja : Universitas Pendidikan Ganesha.

Sadiman Arief S. Dr. M.Sc. (2008).” Media Pendidikan”. Jakarta: RajaGarafindo Persada.

Wibowo,Wahyu Arif.(2013).”Pemanfaatan internet sebagai sumber pembelajaran oleh guru pendidikan jasmani olah raga dan kesehatan sekolah dasar negeri se-kecamatan Mrebet Purbalingga”.Yogyakarta:Universitas Negeri Yogyakarta.

Yusufhadi,Miarso.(1986).”Teknologi Komunikasi Pendidikan, Pengertian dan Penerapannya di Indonesia” . Jakarta: Pustekkom Dikbud dan CV Radjawali dalam rangka ECD Project (USAID),




DOI: http://dx.doi.org/10.22460/as.v1i2p61-74.106

Article Metrics

Abstract view : 1243 times
PDF - 2453 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Publisher Address:

Jl. Terusan Jend. Sudirman, Baros, Kec. Cimahi Tengah, Kota Cimahi, Jawa Barat 40521

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarkat, IKIP Siliwangi
Gedung A Lantai 2 Ruang A24

Email: abdimassiliwangi@gmail.com
Click to access: Abdimas Siliwangi


E-ISSN : 2614-6339

P-ISSN : 2614-7629


View My Stats