PELATIHAN MEMBUAT ALAT EVALUASI BERBASIS TPACK MENGGUNAKAN APLIKASI TESTMOZ PADA PARA GURU DI YAYASAN MIFTAHUL IHSAN AL-BANJARY, KOTA BANJAR JAWA BARAT

Yesi Maylani Kartiwi(1*), Mekar Ismayani(2)

(1) IKIP Siliwangi
(2) IKIP Siliwangi
(*) Corresponding Author

Abstract


Artikel ini mendeskripsikan pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat mengenai sosialisasi alat evaluasi khususnya alat penilaian hasil belajar berbasis TPACK menggunakan aplikasi testmoz kepada para guru di yayasan Miftahul Ihsan Al-Banjary, Kota Banjar Jawa Barat. Alat evaluasi tersebut diharapkan dapat menjadi rujukan bagi para guru dalam melaksanakan penilaian yang kekinian dan sesuai era saat ini yakni era digital dan industri 4.0, sehingga alat evaluasi tersebut dapat meningkatkan kualitas penilaian/assesmen secara daring. Metode yang digunakan dalam program pengabdian ini menggunakan metode pendidikan dan pelatihan. Tujuan pelatihan ini yaitu menyosialisasikan alat evaluasi menggunakan aplikasi testmoz sebagai implementasi dari pembelajaran abad 21. Berdasarkan hasil angket yang diperoleh dari 34 partisipan dihasilkan kepuasan peserta dalam mengikuti pelatihan, pemahaman peserta dan kebermaknaan peserta pelatihan termasuk kategori baik. Adapun hasil pengabdian ini diharapkan dapat membantu para guru dalam melaksanakan penilaian berbasis TPACK dan bisa meningkatkan kualitas pembelajaran.

Kata Kunci : alat evaluasi, berbasis TPACK, aplikasi testmoz, pembelajaran


Keywords


alat evaluasi, berbasis TPACK, aplikasi testmoz, pembelajaran

References


Abidin Y. (2016). Desain sistem pembelajaran dalamm konteks kurikulum 2013. Bandung: PT Refika Aditama.

Adelia, M. K. & Laksmi. Transfer Pengetahuan Melalui Media Sosial oleh Staf Ahli Anggota Lembaga Negara Mahardhika. BACA: Jurnal Dokumentasi dan Informasi, 39 (1), ISSN 2301-8593.

Afandi , M.F. & Devi, Ernawati, Shela, Indra. Penyuluhan Peningkatan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Daring dimasa Pandemi Covid-19 di Yayasan Manarul Ichsan. Jurnal Abdi Laksana. Vol. 3 (1). E-ISSN: 2723-5181.

Ardhana, I, A. (2020). Penggunaan Tes Online “Testmoz” Terintegrasi dengan Googleclassroom sebagai Alternatif Alat Penilaian Pembelajaran Daring. Jurnal Andragogi. Vol.8, No.2. E-ISSN 2623-1190.

Arifin, Z. (2013). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Koehloer, J. M. et all. (2013). What is Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK). Jurnal Sage. Vol. 193, No.3.

Majid, A. (2013). Perencanaan pembeajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

R. M. Ismayani & Yesi, M. K. (2022). Keefektifan Alat Penilaian Membaca Pemahaman Berbantuan Aplikasi Testmoz. Jurnal Diglosia. Vol. 6., No.1., E-ISSN 2549-5119

Purwati, P.D, Aiman, Arif, Ngabiyanto & Siti. (2021). Asesmen Kompentensi Minimum (AKM) kelas jenjang sekolah dasar sarana pemacu peningkatan literasi peserta didik. Jurnal Sosio Religi. Vol 19., No.1., E-ISSN 2656-3622




DOI: http://dx.doi.org/10.22460/as.v5i3.10979

Refbacks



Publisher Address:

Jl. Terusan Jend. Sudirman, Baros, Kec. Cimahi Tengah, Kota Cimahi, Jawa Barat 40521

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarkat, IKIP Siliwangi
Gedung A Lantai 2 Ruang A24

Email: abdimassiliwangi@gmail.com
Click to access: Abdimas Siliwangi


E-ISSN : 2614-6339

P-ISSN : 2614-7629


View My Stats