Pelatihan membuat alat evaluasi berbasis tpack menggunakan aplikasi testmoz pada para guru di Yayasan Miftahul Ihsan Al-Banjary Kota Banjar Provinsi Jawa Barat
DOI:
https://doi.org/10.22460/as.v5i3.10979Kata Kunci:
alat evaluasi, berbasis TPACK, aplikasi testmoz, pembelajaranAbstrak
Artikel ini mendeskripsikan pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat mengenai sosialisasi alat evaluasi khususnya alat penilaian hasil belajar berbasis TPACK menggunakan aplikasi testmoz kepada para guru di yayasan Miftahul Ihsan Al-Banjary, Kota Banjar Jawa Barat. Alat evaluasi tersebut diharapkan dapat menjadi rujukan bagi para guru dalam melaksanakan penilaian yang kekinian dan sesuai era saat ini yakni era digital dan industri 4.0, sehingga alat evaluasi tersebut dapat meningkatkan kualitas penilaian/assesmen secara daring. Metode yang digunakan dalam program pengabdian ini menggunakan metode pendidikan dan pelatihan. Tujuan pelatihan ini yaitu menyosialisasikan alat evaluasi menggunakan aplikasi testmoz sebagai implementasi dari pembelajaran abad 21. Berdasarkan hasil angket yang diperoleh dari 34 partisipan dihasilkan kepuasan peserta dalam mengikuti pelatihan, pemahaman peserta dan kebermaknaan peserta pelatihan termasuk kategori baik. Adapun hasil pengabdian ini diharapkan dapat membantu para guru dalam melaksanakan penilaian berbasis TPACK dan bisa meningkatkan kualitas pembelajaran.
Â
Referensi
Abidin Y. (2016). Desain sistem pembelajaran dalamm konteks kurikulum 2013. Bandung: PT Refika Aditama.
Adelia, M. K. & Laksmi. Transfer Pengetahuan Melalui Media Sosial oleh Staf Ahli Anggota Lembaga Negara Mahardhika. BACA: Jurnal Dokumentasi dan Informasi, 39 (1).
Afandi , M.F. & Devi, Ernawati, Shela, Indra. Penyuluhan Peningkatan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Daring dimasa Pandemi Covid-19 di Yayasan Manarul Ichsan. Jurnal Abdi Laksana. Vol. 3 (1).
Ardhana, I, A. (2020). Penggunaan Tes Online “Testmoz†Terintegrasi dengan Googleclassroom sebagai Alternatif Alat Penilaian Pembelajaran Daring. Jurnal Andragogi. Vol.8, No.2.
Arifin, Z. (2013). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Koehloer, J. M. et all. (2013). What is Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK). Jurnal Sage. Vol. 193, No.3.
Majid, A. (2013). Perencanaan pembeajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Purwati, P.D, Aiman, Arif, Ngabiyanto & Siti. (2021). Asesmen Kompentensi Minimum (AKM) kelas jenjang sekolah dasar sarana pemacu peningkatan literasi peserta didik. Jurnal Sosio Religi. Vol 19., No.1.
R. M. Ismayani & Yesi, M. K. (2022). Keefektifan Alat Penilaian Membaca Pemahaman Berbantuan Aplikasi Testmoz. Jurnal Diglosia. Vol. 6., No.1.
Unduhan
File Tambahan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
1. Proposed Policy for Journals That Offer Open Access
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).