Pendampingan menyusun artikel penelitian untuk guru Sekolah Dasar di Kota Tasikmalaya
DOI:
https://doi.org/10.22460/as.v6i2.17054Keywords:
artikel penelitian, jurnal nasional, guru sekolah dasarAbstract
Latar belakang dari penyelenggaraan kegiatan pelatihan menulis artikel ilmiah untuk publikasi di jurnal nasional bagi guru sekolah dasar adalah karena masih banyaknya guru yang belum mampu menulis artikel penelitian untuk dipublikasikan di Jurnal Nasional. Pelaksanaan kegiatan ini dilakukan sebanyak 1 kali pertemuan. Peserta kegiatan ini adalah 25 orang guru Sekolah Dasar di SDN 2 Tuguraja Kota Tasikmalaya. Dalam kegiatan ini, peserta diberi pelatihan tentang menulis artikel ilmiah dari mulai membuat judul artikel yang mampu merepresentasikan isi artikel, penyusunan isi artikel sesuai dengan template jurnal yang dituju, penyusunan daftar pustaka, cara membuat akun di Online Journal System, dan cara submit artikel di jurnal yang dituju. Berdasarkan kegiatan yang sudah dilaksanakan, peserta kegiatan masih kesulitan dalam menyusun artikel penelitian yang sesuai dengan kaidah penulisan ilmiah sehingga perlu pendampingan yang intensif. Selain itu, peserta juga kesulitan dalam menentukan jurnal yang sesuai untuk artikel yang sudah mereka tulis terkait focus dan scope dari jurnal itu sendiri.
References
Arta, K. S. (2018). Pelatihan Menulis Artikel untuk Publikasi di Jurnal Ilmiah untuk Meningkatkan Profesionalisme bagi Guru-Guru di Kecamatan Kabutambahan Kabupaten Buleleng. Prosiding Seminar Nasional Hukum dan Ilmu Sosial ke-2, hal. 146-159.
Brotowidjoyo, M. D. (2002). Penulisan Karangan Ilmiah. Jakarta: Akademika Pressindo.
Darmalaksana, W. (2021). Hal Paling Sulit Ketika Menulis Artikel Ilmiah. (Online). Tersedia di : https://www.yudidarma.id/2021/06/hal-paling-sulit-ketika-menulis-artikel.html. Diakses pada tanggal 6 Oktober 2021
Ismail & Elihami. (2019). Pelatihan Menyusun Artikel Publikasi Ilmiah bagi Mahasiswa Perguruan Tinggi STKIP Muhammadiyah Enrekang. Maspul Journal of Community Empowerment, Vol. 1, No. 1, hal. 12-20
Nurani, R. Z., dkk. (2020). Pelatihan Menyusun Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru Sekolah Dasar Gugus II Kecamatan Singaparna. Journal of Empowerment Community, Vol. 2, No. 1, hal. 92-96
Permen PANRB. (2009). Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya. Jakarta: Menpanrb
Sugiyarti, S., dkk. (2019). Penulisan Artikel Ilmiah untuk Guru Sekolah Dasar se-Kabupaten Bangka. Jurnal Pengabdian Untuk Mu NegeRI. Vol. 3, No. 1, hlm. 1-5
Sunahrowi & Firdausya, A. (2017). Pelatihan Menulis Artikel Bertema Pendidikan Karakter Bagi Guru SMP Negeri 4 Singorojo Kabupaten Kendal Jawa Tengah. Indonesian Journal of Conservation, Vol. 6, No. 1, hlm. 15-22
Suyitno, I. (2011). Karya Tulis Ilmiah (KTI), Panduan, Teori, Perlatihan, dan Contoh. Bandung: Refika Aditama.
Yudhistira, D. (2013). Menulis Penelitian Tindakan Kelas Yang APIK. Jakarta: Grasindo
Downloads
Published
Issue
Section
License
1. Proposed Policy for Journals That Offer Open Access
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).