Pendampingan menyusun artikel penelitian untuk guru Sekolah Dasar di Kota Tasikmalaya

Authors

  • Riga Zahara Nurani Universitas Perjuangan Tasikmalaya
  • Hatma Heris Mahendra Universitas Perjuangan Tasikmalaya
  • Winarti Dwi Febriani Universitas Perjuangan Tasikmalaya

DOI:

https://doi.org/10.22460/as.v6i2.17054

Keywords:

artikel penelitian, jurnal nasional, guru sekolah dasar

Abstract

Latar belakang dari penyelenggaraan kegiatan pelatihan menulis artikel ilmiah untuk publikasi di jurnal nasional bagi guru sekolah dasar adalah karena masih banyaknya guru yang belum mampu menulis artikel penelitian untuk dipublikasikan di Jurnal Nasional. Pelaksanaan kegiatan ini dilakukan sebanyak 1 kali pertemuan. Peserta kegiatan ini adalah 25 orang guru Sekolah Dasar di SDN 2 Tuguraja Kota Tasikmalaya. Dalam kegiatan ini, peserta diberi pelatihan tentang menulis artikel ilmiah dari mulai membuat judul artikel yang mampu merepresentasikan isi artikel, penyusunan isi artikel sesuai dengan template jurnal yang dituju, penyusunan daftar pustaka, cara membuat akun di Online Journal System, dan cara submit artikel di jurnal yang dituju. Berdasarkan kegiatan yang sudah dilaksanakan, peserta kegiatan masih kesulitan dalam menyusun artikel penelitian yang sesuai dengan kaidah penulisan ilmiah sehingga perlu pendampingan yang intensif. Selain itu, peserta juga kesulitan dalam menentukan jurnal yang sesuai untuk artikel yang sudah mereka tulis terkait focus dan scope dari jurnal itu sendiri.

References

Arta, K. S. (2018). Pelatihan Menulis Artikel untuk Publikasi di Jurnal Ilmiah untuk Meningkatkan Profesionalisme bagi Guru-Guru di Kecamatan Kabutambahan Kabupaten Buleleng. Prosiding Seminar Nasional Hukum dan Ilmu Sosial ke-2, hal. 146-159.

Brotowidjoyo, M. D. (2002). Penulisan Karangan Ilmiah. Jakarta: Akademika Pressindo.

Darmalaksana, W. (2021). Hal Paling Sulit Ketika Menulis Artikel Ilmiah. (Online). Tersedia di : https://www.yudidarma.id/2021/06/hal-paling-sulit-ketika-menulis-artikel.html. Diakses pada tanggal 6 Oktober 2021

Ismail & Elihami. (2019). Pelatihan Menyusun Artikel Publikasi Ilmiah bagi Mahasiswa Perguruan Tinggi STKIP Muhammadiyah Enrekang. Maspul Journal of Community Empowerment, Vol. 1, No. 1, hal. 12-20

Nurani, R. Z., dkk. (2020). Pelatihan Menyusun Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru Sekolah Dasar Gugus II Kecamatan Singaparna. Journal of Empowerment Community, Vol. 2, No. 1, hal. 92-96

Permen PANRB. (2009). Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya. Jakarta: Menpanrb

Sugiyarti, S., dkk. (2019). Penulisan Artikel Ilmiah untuk Guru Sekolah Dasar se-Kabupaten Bangka. Jurnal Pengabdian Untuk Mu NegeRI. Vol. 3, No. 1, hlm. 1-5

Sunahrowi & Firdausya, A. (2017). Pelatihan Menulis Artikel Bertema Pendidikan Karakter Bagi Guru SMP Negeri 4 Singorojo Kabupaten Kendal Jawa Tengah. Indonesian Journal of Conservation, Vol. 6, No. 1, hlm. 15-22

Suyitno, I. (2011). Karya Tulis Ilmiah (KTI), Panduan, Teori, Perlatihan, dan Contoh. Bandung: Refika Aditama.

Yudhistira, D. (2013). Menulis Penelitian Tindakan Kelas Yang APIK. Jakarta: Grasindo

Downloads

Published

2023-10-21

Issue

Section

Articles