Fasilitasi pembentukan taman bacaan masyarakat sebagai implementasi gerakan literasi nasional di Desa Cigugur Kabupaten Kuningan

Authors

  • Marlina Eliyanti Simbolon Universitas Kuningan

DOI:

https://doi.org/10.22460/as.v6i3.19071

Keywords:

Gerakan literasi nasional, taman bacaan masyarakat, literasi

Abstract

Salah satu perwujudan Gerakan Literasi Nasional adalah dengan membentuk Taman Bacaan Masyarakat (TBM) sebagai wadah dalam berliterasi bagi masyarakat. Pengabdian pada masyarakat yang dilakukan adalah pendampingan pembentukan taman bacaan masyarakat di PKBM Bina Cahya Desa Cigugur, Kabupaten Kuningan Jawa barat. Adapun yang menjadi tujuan pembentukan TBM agar informasi dan pengetahuan tentang Gerakan Literasi Nasional dapat tersampaikan melalui TBM dan perlunya pendampingan dalam pembentukan Taman Bacaan Masyarakat sebagai wujud implementasi Gerakan Literasi Nasional. Penelitian ini menggunakan metode PAR (Participatory Action Research). Kegiatan pengabdian pada masyarakat ini merupakan kerja sama dengan warga PKBM baik Paket B dan Paket C.  Adapun tahapan PAR yaitu melakukan pemetaan dan identifikasi masalah, mengadakan FGD,  mempersiapan aksi program, mengadakan sosialisasi program,  dan pelaksanaan program. Hasil dari kegiatan pengabdian ini adalah terfasilitasinya sebuah ruang baca yang memadai sebagai wadah berliterasi yang berisi buku mata pelajaran, pengetahuan umum, majalah, dan lain-lain, serta tempat berkegiatan baik membaca, berdiskusi, bercerita, dan mengasah hobi baru menuju pembelajar sepanjang hayat.

References

Anon. n.d. “Kementerian Komunikasi Dan Informatika.†Retrieved August 31, 2021a (https://www.kominfo.go.id/content/detail/10862/teknologi-masyarakat-indonesia-malas-baca-tapi-cerewet-di-medsos/0/sorotan_media).

Asmani, Jamal Mamur. 2012. Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal. Yogyakarta: Diva Press

Dewita, Afri. Taman Bacaan Masyarakat (TBM) sebagai Literasi bagi Masyarakat. Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Dirjen PAUD, DIKNAS, dan DIKMEN.

Eliyanti, Marlina. 2020. Pengaruh Penyajian Materi dalam bentuk Media Komik Terhadap Minat Baca dan Hasil Belajar. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan. Vol.7. No.1

Hardi, Lutfhi. 2022. Peran Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Kampung Aksara Indonesia Terhadap Kegiatan Literasi Membaca Masyarakat Kota Tangerang. Skripsi. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Hatimah, Ihat. 2012. Pembelajaran Berwawasan Kemasyarakatan. Tangerang: Universitas Terbuka

Hidayah, L. 2019. Revitalisasi Partisipasi Masyarakat. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD) Vol.3. No.1

Kemendikbud.go.id. 2018. Gerakan Literasi Nasional.

Koesoema, Doni. 2012. Pendidikan Karakter Utuh dan Menyeluruh. Yogyakarta: Kanisius

Qulloh, F. I. (2021). Pengembangan Literasi Dalam Peningkatan Minat Baca Santri Pada Perpustakaan Mini Pesantren Pelajar Al-Fath Rejomulyo Kediri. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 1(2), 71-78.

Setiadi, Elly.M. 2012. Ilmu Sosial Budaya Dasar. Jakarta: Kencana Prenada media Group

Tim Dosen ITK. 2020. Program Taman Baca Masyarakat (TBM) Sebagai Upaya menumbuhkan Budaya Literasi di Kelurahan Karang Joang. Itk.ac.id

Wulandari, AN. 2019. Meningkatkan Minat Membaca Melalui Gerakan Literasi. Journal.unj.ac.id

Downloads

Published

2023-11-09