Fasilitasi pembentukan taman bacaan masyarakat sebagai implementasi gerakan literasi nasional di Desa Cigugur Kabupaten Kuningan
DOI:
https://doi.org/10.22460/as.v6i3.19071Kata Kunci:
Gerakan literasi nasional, taman bacaan masyarakat, literasiAbstrak
Salah satu perwujudan Gerakan Literasi Nasional adalah dengan membentuk Taman Bacaan Masyarakat (TBM) sebagai wadah dalam berliterasi bagi masyarakat. Pengabdian pada masyarakat yang dilakukan adalah pendampingan pembentukan taman bacaan masyarakat di PKBM Bina Cahya Desa Cigugur, Kabupaten Kuningan Jawa barat. Adapun yang menjadi tujuan pembentukan TBM agar informasi dan pengetahuan tentang Gerakan Literasi Nasional dapat tersampaikan melalui TBM dan perlunya pendampingan dalam pembentukan Taman Bacaan Masyarakat sebagai wujud implementasi Gerakan Literasi Nasional. Penelitian ini menggunakan metode PAR (Participatory Action Research). Kegiatan pengabdian pada masyarakat ini merupakan kerja sama dengan warga PKBM baik Paket B dan Paket C. Adapun tahapan PAR yaitu melakukan pemetaan dan identifikasi masalah, mengadakan FGD, mempersiapan aksi program, mengadakan sosialisasi program, dan pelaksanaan program. Hasil dari kegiatan pengabdian ini adalah terfasilitasinya sebuah ruang baca yang memadai sebagai wadah berliterasi yang berisi buku mata pelajaran, pengetahuan umum, majalah, dan lain-lain, serta tempat berkegiatan baik membaca, berdiskusi, bercerita, dan mengasah hobi baru menuju pembelajar sepanjang hayat.
Referensi
Anon. n.d. “Kementerian Komunikasi Dan Informatika.†Retrieved August 31, 2021a (https://www.kominfo.go.id/content/detail/10862/teknologi-masyarakat-indonesia-malas-baca-tapi-cerewet-di-medsos/0/sorotan_media).
Asmani, Jamal Mamur. 2012. Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal. Yogyakarta: Diva Press
Dewita, Afri. Taman Bacaan Masyarakat (TBM) sebagai Literasi bagi Masyarakat. Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Dirjen PAUD, DIKNAS, dan DIKMEN.
Eliyanti, Marlina. 2020. Pengaruh Penyajian Materi dalam bentuk Media Komik Terhadap Minat Baca dan Hasil Belajar. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan. Vol.7. No.1
Hardi, Lutfhi. 2022. Peran Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Kampung Aksara Indonesia Terhadap Kegiatan Literasi Membaca Masyarakat Kota Tangerang. Skripsi. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Hatimah, Ihat. 2012. Pembelajaran Berwawasan Kemasyarakatan. Tangerang: Universitas Terbuka
Hidayah, L. 2019. Revitalisasi Partisipasi Masyarakat. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD) Vol.3. No.1
Kemendikbud.go.id. 2018. Gerakan Literasi Nasional.
Koesoema, Doni. 2012. Pendidikan Karakter Utuh dan Menyeluruh. Yogyakarta: Kanisius
Qulloh, F. I. (2021). Pengembangan Literasi Dalam Peningkatan Minat Baca Santri Pada Perpustakaan Mini Pesantren Pelajar Al-Fath Rejomulyo Kediri. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 1(2), 71-78.
Setiadi, Elly.M. 2012. Ilmu Sosial Budaya Dasar. Jakarta: Kencana Prenada media Group
Tim Dosen ITK. 2020. Program Taman Baca Masyarakat (TBM) Sebagai Upaya menumbuhkan Budaya Literasi di Kelurahan Karang Joang. Itk.ac.id
Wulandari, AN. 2019. Meningkatkan Minat Membaca Melalui Gerakan Literasi. Journal.unj.ac.id
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
1. Proposed Policy for Journals That Offer Open Access
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).