Pemberdayaan masyarakat melalui pelatihan pembuatan ecoprint teknik pounding dengan pemanfaatan tanaman lokal di Dukuh Mojoduwur Kabupaten Klaten

Authors

  • Zulfikar Nur Arifin Universitas Negeri Yogyakarta
  • Binti Salbiyah Universitas Negeri Yogyakarta
  • Khafidh Nur Aziz Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.22460/as.v7i2.21855

Abstract

Ecoprint merupakan percetakan pewarna alami dari dedaunan. Pelatihan ini di latarbelakangi karena banyaknya tanaman lokal (dedaunan) di desa yang belum banyak dimanfaatkan. Selain itu, kurangnya pengetahuan tentang ecoprint dari masyarakat khususnya ibu-ibu. Pelatihan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan masyarakat tentang ecoprint. Kegiatan pelatihan ini melalui beberapa tahap, yaitu perencanaan dan pelaksanaan. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini berupa ceramah, diskusi dan praktik. Kegiatan ini dilaksanakan dengan pemberian materi dan kegiatan praktik. Hasil pelatihan ini diperoleh dengan adanya peningkatan pengetahuan dan keterampilan ibu-ibu kader posyandu di Dukuh Mojoduwur, Beteng. Ibu-Ibu yang awalnya kurang mengetahui tentang ecoprint, sekarang sudah mengetahui mengenai ecoprint dan membuatnya.

Kata Kunci : pelatihan, ecoprint, tanaman lokal dan teknik pounding

References

BPS. (2020). Kecamatan Jatinom daam Angka 2020. Klaten: @BPS Kabupaten Klaten.

Dewi, D. N. Y. (2021). Penerapan Teknik Ecoprint Menggunakan Buah dan Sayur . BHUMIDEVI: Journal Of Fashion Design.

Hamid, H. (2018). Manajemen Pemberdayaan Masyarakat. Makassar: De La Macca.

Herlina, M. S, Dartono, F. A, & Setyawan. (2018). Ekplorasi Eco Printing Untuk Produk Sustainable Fashion. Jurnal Kriya Seni ISI Surakarta, 118--130.

Hikmah, A., & Retnasari, D. (2021). Ecoprint Sebagai Alternatif Peluang Usaha Fashion Yang Ramah Lingkungan. Jurnal Teknik Boga Busana.

Husna, F. (2016). Eksplorasi Teknik Eco Dyeing dengan Tanaman sebagai Pewarna. E-Proceedin of Art & Design, 280-293.

International Labour Organization. (2017). Pelatihan Keterampilan Pedesaan: Manual Generik Pelatihan Untuk Pemberdayaan Ekonom Pedesaan. TREE.

Irianingsih, & Nining. (2018). Yuk Membuat Eco Print, Motif Kain dari Daun dan Bunga. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Mardikanto, T., & Soebiato, P. (2013). Pemberdayaan Masyarakat Dalam Perspektif. Bandung: Alfabeta.

Nurhayati, L., Rafael, I., Novianti, N., & Jeremy, J. (2022). PELATIHAN ECOPRINT PADA MEDIA KAIN MENDORONG EKONOMI KREATIF DI LINGKUNGAN PAROKI SAKRAMEN MAHA KUDU SURABAYA. Jurnal ADIMAS, 44.

Octariza, S., & Mutmainah, S. (2021). Penerapan Ecoprint Menggunakan Teknik Pounding Pada Anak Sanggar Alang-Alang Surabaya. Jurnal Seni Rupa, 309.

Saptutyningsih, E., & Wardani, D. (2019). Pemanfaatan Bahan Alami Untuk Pengambangan Produk Ecoprint Di Dukuh IV Cerme, Panjatan, Kabupaten Kulonprogo. Warta LPM, 19.

Saraswati, T. J, & Sulandjari, S. (2018). Perbedaan Hasil Rok Pias Eco Print Daun Jati (Tectona grandis) Menggunakan Jenis dan Massa Mordan Tawas dan Cuka. E-Journal Unesa, 1-7.

Setyawan, W. H., & Efendi, Y. (2022). Pemberdayaan Mayarakat: Konsep dan Strategi. Kediri: Pt. Gaptek Media Pustaka.

Sumino. (2013). Zat Pewarna Alami Untuk Pencelupan Kain Batik Sutera dan Mori. Yogyakarta: Badan Penerbit ISI Yogyakarta .

Wirawan, B. D. S, & Alvin, M. (2019). Teknik Pewarnaan Alam Eco Print Daun Ubi dengan Penggunaan Fiksator Kapur, Tawas dan Tunjung. Jurnal Litbang, 1-5.

Downloads

Published

2024-06-29

Issue

Section

Articles