Pelatihan menulis kreatif sastra untuk siswa dan guru Madrasah Aliyah (MA) Se-Kabupaten Karawang

Authors

  • Diena San fauziya IKIP Siliwangi
  • Suhud Aryana IKIP Siliwangi
  • Mekar Ismayani
  • Indra Permana IKIP Siliwangi
  • Heri Isnaeni IKIP Siliwangi
  • Via Nugrha

DOI:

https://doi.org/10.22460/as.v7i2.22734

Abstract

Pelatihan Menulis Kreatif Sastra untuk Siswa dan Guru Madrasah Aliyah (MA) Sekabupaten Karawang bertujuan untuk memberikan wadah bagi peserta untuk mengekspresikan kreativitas mereka melalui tulisan sastra, khususnya dalam genre puisi. Salah satu kegiatan dalam pelatihan ini adalah "Penulisan Kreatif Puisi Bertema Ramadan". Peserta diajak untuk mengeksplorasi makna dan pengalaman pribadi mereka selama bulan suci Ramadan, serta memperkaya karya-karya mereka dengan nilai-nilai spiritual dan budaya Islam. Melalui sesi diskusi, pembelajaran tentang struktur puisi, serta pembacaan dan umpan balik antar peserta, pelatihan ini menciptakan lingkungan yang mendukung untuk pengembangan keterampilan menulis kreatif. Hasil evaluasi menunjukkan tanggapan positif dari peserta terhadap pelatihan, dengan mayoritas peserta merasa puas dengan pengalaman dan materi yang diberikan. Pelatihan ini berhasil memberikan manfaat dalam meningkatkan keterampilan menulis kreatif peserta, serta memperkaya pemahaman mereka tentang sastra dan budaya Islam

References

Arianti, R. (2020). Pelatihan Menulis Kreatif Puisi Pada Siswa Kelas Tinggi Sd Negeri 006 Rambah Kabupaten Rokan Hulu. Jurnal Masyarakat Negeri Rokania, 1(1), 1–5. https://doi.org/10.56313/jmnr.v1i1.1

Aryana, S., Subyantoro, S., & Pristiwati, R. (2022). Tuntutan Kompetensi Guru Profesional Bahasa Indonesia Dalam Menghadapi Abad 21. Semantik, 11(1), 71–86. https://doi.org/10.22460/semantik.v11i1.p71-86

Efrianto, A. (2010). Pelatihan Kreatif Menulis Puisi di STKIP Pesisir Selatan. 14–20.

Kusmana, S. (2020). Development of Poetry Teaching Materials Based on Creative Process. IJIET (International Journal of Indonesian Education and Teaching), 4(1), 155–167. https://doi.org/10.24071/ijiet.v4i1.2326

Kusumaningrum, D. N., Lendriyono, F., & Prasetya, D. M. (2020). Bakat Sastra Anak Panti Muhammadiyah. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 26(2), 90–95.

Majid, K. H., Pebriani, A., Ramadan, H., & ... (2021). Pelatihan Membaca Puisi: Mengungkap Bakat dan Minat Literasi Anak Desa Sukamanah Kecamatan Bojong Kabupaten Purwakarta. Proceedings …, 48(Desember). https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/904%0Ahttps://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/download/904/810

Mumpuni, A. (2023). Pelatihan Menulis Kreatif Melalui Permainan Tebak Cerita. JAMU : Jurnal Abdi Masyarakat UMUS, 3(02), 81–87. https://doi.org/10.46772/jamu.v3i02.1008

Rukayah, R., Poerwanti, J. I. S., & Syawaludin, A. (2021). Pendampingan Penyusunan Instrumen Penilaian Menulis Kreatif bagi Guru-Guru SD di Kota Surakarta. Wikrama Parahita : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 33–37. https://doi.org/10.30656/jpmwp.v5i1.2656

Serta, M., Teknologi, B., Upaya, S., Rahim, R., Negoro, Y. P., & Wahyu, I. (2023). Peningkatan Kualitas Sdm Di Desa Leran. 5, 96–103.

Sidiq, S., Pramono, W. B., & Damayanti, A. (2013). Pelatihan Menulis Kreatif untuk Mengembangkan Potensi dan Kreativitas Anak. Jurnal Inovasi Dan Kewirausahaan, 2(3), 217–223.

Sriwijayanti, R. P., Rulyansah, A., Budiarti, R. P. N., & Pratiwi, E. Y. R. (2022). Pelatihan Menulis Kreatif dalam Konteks Cerita Anak Melalui Project-based Learning: Pemberdayaan Guru Sekolah Dasar. Indonesia Berdaya, 3(2), 367–372. https://doi.org/10.47679/ib.2022231

Sudaryono, S. (2018). Mengawinkan Paikem dan Model Kreatif-produktif dalam Pembelajaran Menulis Kreatif Puisi. MEDAN MAKNA: Jurnal Ilmu …, 1–9. https://ojs.badanbahasa.kemdikbud.go.id/jurnal/index.php/medanmakna/article/view/822%0Ahttps://ojs.badanbahasa.kemdikbud.go.id/jurnal/index.php/medanmakna/article/download/822/415

Downloads

Published

2024-06-29

Issue

Section

Articles