PELATIHAN KURIKULUM 2013 DI TINGKAT SEKOLAH DASAR

Authors

  • R Mekar Ismayani IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/as.v2i1p11-16.2324

Keywords:

kurikulum 2013, tingkat sekolah dasar, pembelajaran tematik

Abstract

Pergantian kurikulum dari Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) atau selanjutnya disebut kurikulum 2006 ke kurikulum 2013 menimbulkan polemik di kalangan sekolah baik di tingkat sekolah dasar maupun tingkat sekolah menengah. Banyak guru yang masih kebingungan dalam pengimplementasian kurikulum 2013 ini. Di tingkat sekolah dasar dan sederajat seperti Madrasah Ibtidaiyah (MI) pembelajaran menjadi bersifat tematik (terpadu). Belum lagi bentuk evaluasi yang mengintegrasikan penilaian sikap dan kognitif yang harus dilakukan pada setiap proses pembelajaran hal itu menyulitkan para guru terutama sekolah yang dalam satu kelas termasuk ke dalam katagori kelas gemuk. Artikel ini membahas hasil kegiatan pengabdian pada masyarakat (PPM) yang dilaksanakan pada tanggal 21 Juli 2014. Pelatihan ini dilakukan dengan sasaran guru-guru MI Darul Furqon Lembang dengan tujuan agar guru mendapat pencerahan dan tambahan wawasan dalam pengimplementasian kurikulum 2013 mulai dari perencanaan (penyusunan RPP dan jadwal) pelaksanaan proses pembelajaran tematik, dan penilaian. Dengan dilaksanakan pelatihan ini secara tidak langsung meningkatkan kompetensi guru dalam pengimlementasian kurikulum 2013.

Downloads

Published

2019-02-04

Issue

Section

Articles