PELATIHAN KURIKULUM 2013 DI TINGKAT SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.22460/as.v2i1p11-16.2324Kata Kunci:
kurikulum 2013, tingkat sekolah dasar, pembelajaran tematikAbstrak
Pergantian kurikulum dari Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) atau selanjutnya disebut kurikulum 2006 ke kurikulum 2013 menimbulkan polemik di kalangan sekolah baik di tingkat sekolah dasar maupun tingkat sekolah menengah. Banyak guru yang masih kebingungan dalam pengimplementasian kurikulum 2013 ini. Di tingkat sekolah dasar dan sederajat seperti Madrasah Ibtidaiyah (MI) pembelajaran menjadi bersifat tematik (terpadu). Belum lagi bentuk evaluasi yang mengintegrasikan penilaian sikap dan kognitif yang harus dilakukan pada setiap proses pembelajaran hal itu menyulitkan para guru terutama sekolah yang dalam satu kelas termasuk ke dalam katagori kelas gemuk. Artikel ini membahas hasil kegiatan pengabdian pada masyarakat (PPM) yang dilaksanakan pada tanggal 21 Juli 2014. Pelatihan ini dilakukan dengan sasaran guru-guru MI Darul Furqon Lembang dengan tujuan agar guru mendapat pencerahan dan tambahan wawasan dalam pengimplementasian kurikulum 2013 mulai dari perencanaan (penyusunan RPP dan jadwal) pelaksanaan proses pembelajaran tematik, dan penilaian. Dengan dilaksanakan pelatihan ini secara tidak langsung meningkatkan kompetensi guru dalam pengimlementasian kurikulum 2013.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
1. Proposed Policy for Journals That Offer Open Access
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).