PENINGKATAN KAPASITAS MASYARAKAT DI DAS CITARUM MELALUI PROGRAM PARENTING

Authors

  • Ansori Ansori IKIP Siliwangi
  • Tiffany Estherlita

DOI:

https://doi.org/10.22460/as.v2i1p17-22.2497

Keywords:

peningkatan kapasitas mayarakat, DAS Citarum, program parenting

Abstract

Program pengabdian masyarakat merupakan kegiatan seluruh mahasiswa Program Studi Pendidikan Masyarakat IKIP SILIWANGI angkatan tahun 2015 menetapkan Bening Saguling Foundation yang berada Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum, Kampung Babakan Cianjur, Desa Cihampelas, Kecamatan Cihampelas, Kabupaten Bandung Barat sebagai tempat pelaksanaan program pengabdian. Berdasarkan hasil identifikasi ditemukan adanya beberapa masalah yang ada di masyarakat seperti tingginya angka putus sekolah dan pernikahan dini. Hal ini berdampak pada minimnya pemahaman akan pola asuh yang tepat dalam mendidik anak. Maka dari itu dilaksanakan sebuah program pemberdayaan perempuan melalui kegiatan parenting dengan tujuan untuk meningkatkan kapasitas masyarakat di DAS Citarum. Metode pelaksanaannya berupa pendekatan pendampingan, pelatihan dan pembinaan melalui kegiatan seminar dengan sasaran program ibu-ibu sekitar. Adapun hasil yang didapatkan adalah meningkatnya pemahaman tentang pola asuh yang tepat dalam mendidik anak.

 

References

Darling, N. (1999). Parenting Style and Its Correlates. ERIC Digest.

Jaffe, M. L. (1998) Adolescence. New York: John Wiley & Sons, Inc.

Tsabary, S. (Alih Bahasa : Pandam Kuntaswari). 2017. The Awakened Family (Revolusi Dalam Pola Asuh). Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.

BPS. 2015. Nikah, Talak dan Cerai, serta Rujuk, 2012-2015. [Online]. https://www.bps.go.id/linkTableDinamis/view/id/893, (diakses, 21 November 2018)

Downloads

Published

2019-02-04

Issue

Section

Articles