PROGRAM PENDAMPINGAN BERBASIS KEARIFAN LOKAL DESA ADAT SENARU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR ANAK-ANAK DESA ADAT SENARU

Authors

  • Euis Eti Rohaeti IKIP Siliwangi
  • Putri Nabila N.S IKIP Siliwangi
  • Anas Muharrom IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/as.v2i1p30-40.2501

Keywords:

Pendampingan, kearifan lokal, motivasi belajar

Abstract

Program pengabdian kepada masyarakat adalah salah satu bagian dari tridharma perguruan tinggi. Oleh karena itu, menjadi suatu kewajiban bagi setiap dosen dan sivitas akademika lainnya untuk terlibat dalam program pengabdian kepada masyarakat. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksankan di desa adat Senaru Kecamatan bayan Kabupaten Lombok utara dengan tujuan jangka panjang program pengabdian ini adalah mengembangkan suatu pembelajaran ekstrakulikuler dengan pendampingan berbasis kearifan lokal bagi anak-anak usia SD. Secara khusus, tujuan yang ingin dicapai sebagai berikut: (1). Meningkatkan motivasi belajar anak-anak SD di Desa adat Senaru; (2). Melestarikan kearifan lokal Desa adat Senaru. Metode yang akan dipakai dalam upaya pencapaian tujuan tersebut memalui pendampingan berbasis kearfian lokal yang langkah-langkahnya terdiri dari: (1). mengkaji kearfian lokal; (2). mempersiapkan materi yang sesuai dengan usia SD khusunya mata pelajaran matematika dan bahasa Indonesia; (3). Melakukan pendampingan berbasis kearifan lokal; (4). Melakukan refleksi dan terkait proses pendampingan; (d). Evaluasi kegiatan pendampingan berbasis kearifan lokal. Hasil dari pengabdian ini terdapat peningkatan motivasi belajar siswa

References

Alannasir, W. (2016). Pengaruh penggunaan media animasi dalam pembelajaran IPS terhadap motivasi belajar siswa kelas iv sd negeri mannuruki. Journal of EST, 2 (2), 81- 90.

Anggramayeni, A, dkk. (2018). Efektivitas bahan ajar berbasis kearifan lokal terhadap aktivitas dan hasil belajar peserta didik. Jurnal Bioterdidik, 6 (5), 1-11.

Efendi, A. (2014). Implementasi Kearifan Budaya Lokalpada Masyarakat Adat Kampung Kuta Sebagai Sumber Pembelajaran IPS. Jurnal Sosio Didaktika, 1 (2), 211-218.

Mangewa, M. (2010). Perencanaan pembelajaran. Makassar: Badan Penerbit UNM.

Rahayu, G.D.S dan Firmansyah, D. (2018). Pengembangan pembelajaran inovatif berbasis pendampingan bagi guru sekolah dasar. Jurnal Abdimas Siliwangi, 1 (1), 17-25.

Suprihatin, S. (2015). Upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Jurnal Promosi, 3 (1), 73-82.

Widianti, A.K. (2017). Reservasi rumah adat desa sade rembitan Lombok sebagai upaya konservasi. Jurnal Vitruvian, 6 (3), 79-84.

Downloads

Published

2019-02-04

Issue

Section

Articles