PROGRAM PENDAMPINGAN BERBASIS KEARIFAN LOKAL DESA ADAT SENARU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR ANAK-ANAK DESA ADAT SENARU
DOI:
https://doi.org/10.22460/as.v2i1p30-40.2501Kata Kunci:
Pendampingan, kearifan lokal, motivasi belajarAbstrak
Program pengabdian kepada masyarakat adalah salah satu bagian dari tridharma perguruan tinggi. Oleh karena itu, menjadi suatu kewajiban bagi setiap dosen dan sivitas akademika lainnya untuk terlibat dalam program pengabdian kepada masyarakat. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksankan di desa adat Senaru Kecamatan bayan Kabupaten Lombok utara dengan tujuan jangka panjang program pengabdian ini adalah mengembangkan suatu pembelajaran ekstrakulikuler dengan pendampingan berbasis kearifan lokal bagi anak-anak usia SD. Secara khusus, tujuan yang ingin dicapai sebagai berikut: (1). Meningkatkan motivasi belajar anak-anak SD di Desa adat Senaru; (2). Melestarikan kearifan lokal Desa adat Senaru. Metode yang akan dipakai dalam upaya pencapaian tujuan tersebut memalui pendampingan berbasis kearfian lokal yang langkah-langkahnya terdiri dari: (1). mengkaji kearfian lokal; (2). mempersiapkan materi yang sesuai dengan usia SD khusunya mata pelajaran matematika dan bahasa Indonesia; (3). Melakukan pendampingan berbasis kearifan lokal; (4). Melakukan refleksi dan terkait proses pendampingan; (d). Evaluasi kegiatan pendampingan berbasis kearifan lokal. Hasil dari pengabdian ini terdapat peningkatan motivasi belajar siswa
Referensi
Alannasir, W. (2016). Pengaruh penggunaan media animasi dalam pembelajaran IPS terhadap motivasi belajar siswa kelas iv sd negeri mannuruki. Journal of EST, 2 (2), 81- 90.
Anggramayeni, A, dkk. (2018). Efektivitas bahan ajar berbasis kearifan lokal terhadap aktivitas dan hasil belajar peserta didik. Jurnal Bioterdidik, 6 (5), 1-11.
Efendi, A. (2014). Implementasi Kearifan Budaya Lokalpada Masyarakat Adat Kampung Kuta Sebagai Sumber Pembelajaran IPS. Jurnal Sosio Didaktika, 1 (2), 211-218.
Mangewa, M. (2010). Perencanaan pembelajaran. Makassar: Badan Penerbit UNM.
Rahayu, G.D.S dan Firmansyah, D. (2018). Pengembangan pembelajaran inovatif berbasis pendampingan bagi guru sekolah dasar. Jurnal Abdimas Siliwangi, 1 (1), 17-25.
Suprihatin, S. (2015). Upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Jurnal Promosi, 3 (1), 73-82.
Widianti, A.K. (2017). Reservasi rumah adat desa sade rembitan Lombok sebagai upaya konservasi. Jurnal Vitruvian, 6 (3), 79-84.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
1. Proposed Policy for Journals That Offer Open Access
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).