Pelatihan penggunaan kahoot sebagai instrument assessment digital pada guru sekolah dasar di Kecamatan Karangnunggal Kabupaten Tasikmalaya

Pelatihan penggunaan kahoot sebagai instrument assessment digital pada guru sekolah dasar di Kecamatan Karangnunggal Kabupaten Tasikmalaya

Authors

  • Hatma Heris Mahendra Universitas Perjuangan Tasikmalaya
  • Fajar Nugraha Universitas Perjuangan Tasikmalaya
  • Missi Hikmatyar Universitas Perjuangan Tasikmalaya
  • Riza Fatimah Zahrah Universitas Perjuangan Tasikmalaya
  • Winarti Dwi Febriani Universitas Perjuangan Tasikmalaya
  • Rizki Hadiwijaya Zulkarnaen Universitas Perjuangan Tasikmalaya

DOI:

https://doi.org/10.22460/as.v8i2.26478

Keywords:

pelatihan, assessment, digital, kahoot

Abstract

Penerapan teknologi dalam pembelajaran di sekolah dasar sangat penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Salah satu teknologi yang dapat digunakan adalah Kahoot, aplikasi yang memungkinkan guru untuk membuat assessment digital interaktif. Pelatihan penggunaan Kahoot bagi guru di Kecamatan Karangnunggal, Kabupaten Tasikmalaya, bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru dalam menyusun dan mengoperasikan alat assessment digital. Hasil pelatihan menunjukkan bahwa guru yang sebelumnya kurang terampil dalam menggunakan teknologi, kini mampu mengembangkan dan memanfaatkan Kahoot untuk penilaian yang lebih efektif, meningkatkan motivasi dan partisipasi siswa dalam proses pembelajaran. Metode dari pelatihan adalah diskusi, simulasi dan praktek dengan 20 peserta. Pelatihan penggunaan Kahoot untuk guru sekolah dasar di Kecamatan Karangnunggal bertujuan meningkatkan keterampilan dalam menyusun dan mengoperasikan assessment digital. Pelatihan ini mencakup tiga tahap: penyusunan instrumen berbasis HOTS, pengenalan aplikasi Kahoot, dan praktik pengoperasian Kahoot untuk penilaian interaktif. Hasilnya, guru mampu mengintegrasikan Kahoot dalam pembelajaran secara efektif. Pelatihan Kahoot untuk guru di Kecamatan Karangnunggal berhasil meningkatkan keterampilan digital mereka dalam menyusun dan mengoperasikan assessment digital. Guru kini lebih siap mengimplementasikan assessment berbasis teknologi, meningkatkan kualitas penilaian, serta menciptakan lingkungan belajar yang interaktif dan inovatif di tingkat pendidikan dasar.

Kata Kunci : pelatihan, assessment, digital, kahoot

References

Carrasco-Hernández, A. J., Lozano-Reina, G., Lucas-Pérez, M. E., Madrid-Garre, M. F., & Sánchez-Marín, G. (2020). Developing New Learning Tools In The Classroom : The Kahoot Experience. Journal of Management Anda Business Education, 3(3), 214–235.

Eyal, L. (2019). Digital Assessment Literacy — the Core Role of the Teacher in a Digital Environment Digital Assessment Literacy — the Core Role of the Teacher in a Digital Environment. Educational Technology & Society, 15(2), 37–49.

Garzon, P., & Inga, E. (2023). Advancing Primary Education through Active Teaching Methods and ICT for Increasing Knowledge. 1–14.

Gustiana, R. (2022). Pelatihan Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (Suatu Kajian Literatur Review Ilmu Manajemen Sumber Daya Manusia). Jemsi, 3(6), 657–666. https://dinastirev.org/JEMSI/article/view/1107/670

Hilmun, P. (2021). Let ’ s K ahoot ! A game-based technology for creating engagement and promoting active learning. 14(1), 90–100.

Irawan, M. F., & Latifah, A. (2023). The implementation of kahoot! application as a hots-based evaluation media for elementary school students. Al-Aulad: Journal of Islamic Primary Education, 6(2), 72–83.

Kurniawan, I., Abdillah, R., & ... (2021). Sosialisasi Penerapan Metode Pembelajaran Steam Pada Kurikulum K-13. Indonesian Journal Of …. http://ijocs.rcipublisher.org/index.php/ijocs/article/view/141

Mahendra, H. H., Nugraha, F., Hikmatyar, M., Abdul, M., & Rachmawan, M. R. (2023). Pelatihan Pengembangan Dlm ( Digital Learning Material ) Berbasis Multimedia pada Guru Sekolah. 4, 372–378.

Mahendra, H. H., & Nurani, R. Z. (2020). Pengaruh Penggunaan DLM (Digital Learning Material) Terhadap Aktivitas Belajar IPS Siswa Kelas V Sekolah Dasar. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 4(1), 114–124.

Mukaromah, E. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Meningkatkan Gairah Belajar Siswa. Indonesian Journal of Education Management and Administration Review, 4(1), 179–185. http://www.yourdictionary.com/library/reference/word-definitions/definition-of-technology.html.

Pratama, L. D., & Lestari, W. (2020). Pengaruh Pelatihan Terhadap Kompetensi Pedagogik Guru Matematika. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 278–285. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i1.207

Riskasari, Roemintoyo, & Budiarto, M. K. (2022). Optimization of ICT-Based Instructional Media as an Educational Transformation. 26–30. https://doi.org/10.32996/jweep

Sundi, N. W., Santi, A. U. P., Sari, P. K., & Herli, V. (2020). Pelatihan kahoot sebagai e-assesment untuk guru sd di cikole, sukabumi. An-Nas: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 7–14.

Yyeland, B., & Duisenova, M. (2024). Digital Game-Based Language Learning in Primary Education: Exploring Motivational Factors and Educational Outcomes. Pedagogy And Psychology, 2(59), 51–63. https://doi.org/10.51889/2960-1649.2024.59.2.004

Zahrah, R. F., Nugraha, F., Mahendra, H. H., & Suryana, D. (2021). Pendampingan Penggunaan Media Audio Visual Dan Lesson Plan Dalam Pembelajaran Di Lembaga Pendidikan Al-Ma’arif Kuningan. Abdimas Siliwangi, 4(2), 326–334.

Downloads

Published

2025-06-08

Issue

Section

Articles
Loading...