Pelatihan penggunaan kahoot sebagai instrument assessment digital pada guru sekolah dasar di Kecamatan Karangnunggal Kabupaten Tasikmalaya
DOI:
https://doi.org/10.22460/as.v8i2.26478Kata Kunci:
pelatihan, assessment, digital, kahootAbstrak
Penerapan teknologi dalam pembelajaran di sekolah dasar sangat penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Salah satu teknologi yang dapat digunakan adalah Kahoot, aplikasi yang memungkinkan guru untuk membuat assessment digital interaktif. Pelatihan penggunaan Kahoot bagi guru di Kecamatan Karangnunggal, Kabupaten Tasikmalaya, bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru dalam menyusun dan mengoperasikan alat assessment digital. Hasil pelatihan menunjukkan bahwa guru yang sebelumnya kurang terampil dalam menggunakan teknologi, kini mampu mengembangkan dan memanfaatkan Kahoot untuk penilaian yang lebih efektif, meningkatkan motivasi dan partisipasi siswa dalam proses pembelajaran. Metode dari pelatihan adalah diskusi, simulasi dan praktek dengan 20 peserta. Pelatihan penggunaan Kahoot untuk guru sekolah dasar di Kecamatan Karangnunggal bertujuan meningkatkan keterampilan dalam menyusun dan mengoperasikan assessment digital. Pelatihan ini mencakup tiga tahap: penyusunan instrumen berbasis HOTS, pengenalan aplikasi Kahoot, dan praktik pengoperasian Kahoot untuk penilaian interaktif. Hasilnya, guru mampu mengintegrasikan Kahoot dalam pembelajaran secara efektif. Pelatihan Kahoot untuk guru di Kecamatan Karangnunggal berhasil meningkatkan keterampilan digital mereka dalam menyusun dan mengoperasikan assessment digital. Guru kini lebih siap mengimplementasikan assessment berbasis teknologi, meningkatkan kualitas penilaian, serta menciptakan lingkungan belajar yang interaktif dan inovatif di tingkat pendidikan dasar.
Kata Kunci : pelatihan, assessment, digital, kahoot
Referensi
Carrasco-Hernández, A. J., Lozano-Reina, G., Lucas-Pérez, M. E., Madrid-Garre, M. F., & Sánchez-Marín, G. (2020). Developing New Learning Tools In The Classroom : The Kahoot Experience. Journal of Management Anda Business Education, 3(3), 214–235.
Eyal, L. (2019). Digital Assessment Literacy — the Core Role of the Teacher in a Digital Environment Digital Assessment Literacy — the Core Role of the Teacher in a Digital Environment. Educational Technology & Society, 15(2), 37–49.
Garzon, P., & Inga, E. (2023). Advancing Primary Education through Active Teaching Methods and ICT for Increasing Knowledge. 1–14.
Gustiana, R. (2022). Pelatihan Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (Suatu Kajian Literatur Review Ilmu Manajemen Sumber Daya Manusia). Jemsi, 3(6), 657–666. https://dinastirev.org/JEMSI/article/view/1107/670
Hilmun, P. (2021). Let ’ s K ahoot ! A game-based technology for creating engagement and promoting active learning. 14(1), 90–100.
Irawan, M. F., & Latifah, A. (2023). The implementation of kahoot! application as a hots-based evaluation media for elementary school students. Al-Aulad: Journal of Islamic Primary Education, 6(2), 72–83.
Kurniawan, I., Abdillah, R., & ... (2021). Sosialisasi Penerapan Metode Pembelajaran Steam Pada Kurikulum K-13. Indonesian Journal Of …. http://ijocs.rcipublisher.org/index.php/ijocs/article/view/141
Mahendra, H. H., Nugraha, F., Hikmatyar, M., Abdul, M., & Rachmawan, M. R. (2023). Pelatihan Pengembangan Dlm ( Digital Learning Material ) Berbasis Multimedia pada Guru Sekolah. 4, 372–378.
Mahendra, H. H., & Nurani, R. Z. (2020). Pengaruh Penggunaan DLM (Digital Learning Material) Terhadap Aktivitas Belajar IPS Siswa Kelas V Sekolah Dasar. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 4(1), 114–124.
Mukaromah, E. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Meningkatkan Gairah Belajar Siswa. Indonesian Journal of Education Management and Administration Review, 4(1), 179–185. http://www.yourdictionary.com/library/reference/word-definitions/definition-of-technology.html.
Pratama, L. D., & Lestari, W. (2020). Pengaruh Pelatihan Terhadap Kompetensi Pedagogik Guru Matematika. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 278–285. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i1.207
Riskasari, Roemintoyo, & Budiarto, M. K. (2022). Optimization of ICT-Based Instructional Media as an Educational Transformation. 26–30. https://doi.org/10.32996/jweep
Sundi, N. W., Santi, A. U. P., Sari, P. K., & Herli, V. (2020). Pelatihan kahoot sebagai e-assesment untuk guru sd di cikole, sukabumi. An-Nas: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 7–14.
Yyeland, B., & Duisenova, M. (2024). Digital Game-Based Language Learning in Primary Education: Exploring Motivational Factors and Educational Outcomes. Pedagogy And Psychology, 2(59), 51–63. https://doi.org/10.51889/2960-1649.2024.59.2.004
Zahrah, R. F., Nugraha, F., Mahendra, H. H., & Suryana, D. (2021). Pendampingan Penggunaan Media Audio Visual Dan Lesson Plan Dalam Pembelajaran Di Lembaga Pendidikan Al-Ma’arif Kuningan. Abdimas Siliwangi, 4(2), 326–334.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
1. Proposed Policy for Journals That Offer Open Access
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).