Pengelolaan media komputer dalam proses pembelajaran ekonomi kelas XI MA Al Jauhairi Sembung Banyuates
DOI:
https://doi.org/10.22460/as.v8i2.27080Keywords:
Media Komputer, Peserta Didik, Pembelajaran EkonomiAbstract
Pengelolaan media dapat berjalan dengan baik dan efesian maka diperlukan sarana dan prasaran. Fasilitas yang lengkap tentu dapat meningkatkan mutu peserta didik jika digunakan sebaik mungkin. Terutama penggunaan media komputer maka diperlukan peran dari sekolah terutama bidang sarana dan prasarana dalam pemanfaatannya. Media sangat penting dalam proses pembelajaran. Namun terkadang ketersediaannya kurang dilain pihak peserta didik dituntuk pintar dalam menggunakan komputer. Oleh karena itu penulis tertarik mengambil permasalahan ini. Berdasarkan permasalahan diatas penulis ini mengkaji pengelolaan media komputer dalam proses pembelajaran ekonomi kelas XI. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peerencanaan pengunaan media komputer, pemanfaatan komputer serta kendala yang dihadapi. Metode yang di gunakan yaitu kualitatif dengan tehnik observasi , wawancara dan dokumentasi. Perencanaan pengunaan media komputer yang menentukan tujuanm keterpaduan, keadaan peserta didik, ketersediaan media komputer dan biaya. Pemanfaatan dilakukan untuk meningkatkan minat peserta didik dalam proses pembelajaran. Kendala dalam media komputer yaitu faktor eksternal berupa sarana prasarana yang belum memadai, sedangkan faktor internal adalah kurangnya kepercayaan diri guru dalam menggunakan media komputer.
References
Ardiana, R. (2021). Implementasi Media Pembelajaran pada Kecerdasan Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 20–27. https://doi.org/10.37985/murhum.v2i2.47
Ardilla, A., & Hartanto, S. (2017). Faktor yang Mempengaruhi Rendahnya Hasil Belajar Matematika Siswa MTs Iskandar Muda Batam. Pythagoras, 6(2), 175–186.
Audie, N. (2019). Peran Media Pembelajaran Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, 2(1), 586–595.
Diah Kurniawati, I., & Sekreningsih Nita, dan. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa. In Journal of Computer and Information Technology E-ISSN (Vol. 1, Issue 2). http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/doubleclick
Ismail, M. I. (2020). Asesmen dan Evaluasi Pembelajaran (Kadri, Ed.; 1st ed., Vol. 1). Cendekia Publisher.
Kesuma, G. C. (2017). Refleksi Model Pendidikan Pesantren dan Tantangannya Masa Kini. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 2(1), 67. https://doi.org/10.24042/tadris.v2i1.1740
Kusumawati, I. dkk. (2023). Pengantar Pendidikan (Hamdani, Ed.; 1st ed., Vol. 1). CV. REY MEDIA GRAFIKA.
Mumtahanah, N. (2014). Penggunaan Media Visual dalam Pembelajaran PAI. In Hikmah Jurnal Studi Keislaman (Vol. 4, Issue 1).
Nirmalasari, & Amelia, R. (2020). Pengaruh Kompensasi dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Dosen Melalui Kepuasan Kerja. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Dharma Andalas.
Sihotang, I. M., & Hasibuan, L. A. (2021). Pengaruh Pemanfaatan E-Learning Quipper School Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Yang Dimoderasi Oleh Kemandirian Belajar Siswa. Liabilities (Jurnal Pendidikan Akuntansi), 4(2), 177–188. https://doi.org/10.30596/liabilities.v4i2.7861
Downloads
Published
Issue
Section
License
1. Proposed Policy for Journals That Offer Open Access
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).