Pengelolaan media komputer dalam proses pembelajaran ekonomi kelas XI MA Al Jauhairi Sembung Banyuates

Pengelolaan media komputer dalam proses pembelajaran ekonomi kelas XI MA Al Jauhairi Sembung Banyuates

Penulis

  • Aulia Dawam STKIP PGRI Bangkalan
  • Romiftahul Ulum STKIP PGRI Bangkalan
  • Yusrianto Sholeh STKIP PGRI Bangkalan
  • Ruski STKIP PGRI Bangkalan

DOI:

https://doi.org/10.22460/as.v8i2.27080

Kata Kunci:

Media Komputer, Peserta Didik, Pembelajaran Ekonomi

Abstrak

Pengelolaan media dapat berjalan dengan baik dan efesian maka diperlukan sarana dan prasaran. Fasilitas yang lengkap tentu dapat meningkatkan mutu peserta didik jika digunakan sebaik mungkin. Terutama penggunaan media komputer maka diperlukan peran dari sekolah terutama bidang sarana dan prasarana dalam pemanfaatannya. Media sangat penting dalam proses pembelajaran. Namun terkadang ketersediaannya kurang dilain pihak peserta didik dituntuk pintar dalam menggunakan komputer. Oleh karena itu penulis tertarik mengambil permasalahan ini. Berdasarkan permasalahan diatas penulis ini mengkaji pengelolaan media komputer dalam proses pembelajaran ekonomi kelas XI. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peerencanaan pengunaan media komputer, pemanfaatan komputer serta kendala yang dihadapi. Metode yang di gunakan yaitu kualitatif dengan tehnik observasi , wawancara dan dokumentasi. Perencanaan pengunaan media komputer yang menentukan tujuanm keterpaduan, keadaan peserta didik, ketersediaan media komputer dan biaya. Pemanfaatan dilakukan untuk meningkatkan minat peserta didik dalam proses pembelajaran. Kendala dalam media komputer yaitu faktor eksternal berupa sarana prasarana yang belum memadai, sedangkan faktor internal adalah kurangnya kepercayaan diri guru dalam menggunakan media komputer.

Referensi

Ardiana, R. (2021). Implementasi Media Pembelajaran pada Kecerdasan Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 20–27. https://doi.org/10.37985/murhum.v2i2.47

Ardilla, A., & Hartanto, S. (2017). Faktor yang Mempengaruhi Rendahnya Hasil Belajar Matematika Siswa MTs Iskandar Muda Batam. Pythagoras, 6(2), 175–186.

Audie, N. (2019). Peran Media Pembelajaran Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, 2(1), 586–595.

Diah Kurniawati, I., & Sekreningsih Nita, dan. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa. In Journal of Computer and Information Technology E-ISSN (Vol. 1, Issue 2). http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/doubleclick

Ismail, M. I. (2020). Asesmen dan Evaluasi Pembelajaran (Kadri, Ed.; 1st ed., Vol. 1). Cendekia Publisher.

Kesuma, G. C. (2017). Refleksi Model Pendidikan Pesantren dan Tantangannya Masa Kini. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 2(1), 67. https://doi.org/10.24042/tadris.v2i1.1740

Kusumawati, I. dkk. (2023). Pengantar Pendidikan (Hamdani, Ed.; 1st ed., Vol. 1). CV. REY MEDIA GRAFIKA.

Mumtahanah, N. (2014). Penggunaan Media Visual dalam Pembelajaran PAI. In Hikmah Jurnal Studi Keislaman (Vol. 4, Issue 1).

Nirmalasari, & Amelia, R. (2020). Pengaruh Kompensasi dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Dosen Melalui Kepuasan Kerja. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Dharma Andalas.

Sihotang, I. M., & Hasibuan, L. A. (2021). Pengaruh Pemanfaatan E-Learning Quipper School Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Yang Dimoderasi Oleh Kemandirian Belajar Siswa. Liabilities (Jurnal Pendidikan Akuntansi), 4(2), 177–188. https://doi.org/10.30596/liabilities.v4i2.7861

Diterbitkan

2025-06-08

Terbitan

Bagian

Articles
Loading...