Gebyar peringatan hari Kartini di SDN Sukosewu guna meningkatkan minat bakat siswa dan rasa cinta budaya Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.22460/as.v8i2.27170Keywords:
Gebyar Hari Kartini, minat bakat, budaya Indonesia, pendidikan karakter, SDN SukosewuAbstract
Artikel ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan siswa dalam minat, bakat, dan rasa cinta budaya Indonesia melalui kegiatan Gebyar Peringatan Hari Kartini di SDN Sukosewu. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan teknik observasi partisipan. Kegiatan penelitian berlangsung pada hari Sabtu, 27 April 2024, di SDN Sukosewu, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, dengan melibatkan sekitar 80 siswa dari kelas 1 hingga kelas 6. Peneliti mengamati secara langsung pelaksanaan program kegiatan Gebyar Peringatan Hari Kartini untuk menilai efektivitas program dalam mendorong partisipasi siswa, semangat, serta minat dan bakat mereka. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam minat dan bakat siswa serta rasa cinta mereka terhadap budaya lokal. Partisipasi aktif siswa dalam berbagai kegiatan seni dan budaya membuktikan bahwa pendekatan edukatif ini efektif dalam menanamkan nilai-nilai budaya dan membentuk karakter siswa. Selain itu, acara ini juga mendorong guru untuk terus berinovasi dalam metode pembelajaran yang lebih kreatif dan efektif. Dengan demikian, Gebyar Peringatan Hari Kartini tidak hanya menjadi momen peringatan sejarah, tetapi juga sebagai sarana strategis untuk memperkuat identitas budaya dan meningkatkan kualitas pendidikan di SDN Sukosewu.
References
Adriany, D., Aulia, D. F., Dinarni, D., & Hamidah, S. (2023). Positive and Negative Impacts of Korean and Japanese Cultures on High School Students of Taman Siswa Rancaekek. Lakon : Jurnal Kajian Sastra Dan Budaya, 12(2), 143–156. https://doi.org/10.20473/lakon.v12i2.45831
Aisara, F., Nursaptini, & Widodo, A. (2020). Melestarikan Kembali Budaya Lokal Melalui Kegiatan Ekstrakulikuler Untuk Anak Usia Sekolah Dasar. Cakrawala Jurnal Pengabdian masyarakat Sosial, 9(2), 149–166.
Amelia, R. F., & Dewi, D. A. (2021). Pentingnya Pendidikan Kewarganegaraan dalam Meminimalisir Pengaruh Globalisasi terhadap Karakter Cinta Tanah Air pada Siswa SMAN 1 Majalaya. Ensiklopedia of Journal, 3(3), 103–110. http://jurnal.ensiklopediaku.org
Antianis, R. (2015). Penanaman Nilai-Nilai Kesundaan melalui Program Tujuh Poe Atikan Istimewa di Lingkungan Sekolah Kabupaten Purwakarta Indonesia. 1–9.
Badan Pusat Statistik Indonesia. (2022). Statistik Pendidikan Indonesia 2022. Badan Pusat Statistik, February, 1–353.
Hasyim, M. (2016). Semiotika fashion atas perayaaan hari kartini. April 2016, 71–82. https://www.researchgate.net/publication/321344786%0ASEMIOTIKA
Hidayati, S., Weriana, W., Suryana, E., & Abdurrahmansyah. (2023). Perkembangan Kognitif Menurut Teori Sosio-Kultural dan Implikasinya dalam Pembelajaran. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(9), 6706–6714. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i9.2305
Jamaludin, Alanur S, S. N., Amus, S., & Hasdin. (2022). Penerapan Nilai Profil Pelajar Pancasila Melalui Kegiatan Kampus Mengajar Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 698–709. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2553
Kemendikbud. (2020). Rencana Strategis Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan 2020-2024. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, 1–129. https://dikti.kemdikbud.go.id/
Morgan, H. (2021). Howard Gardner’s Multiple Intelligences Theory And His Ideas On Promoting Creativity. In F. Reisman (Ed.), Celebrating Giants and Trailblazers: A-Z of Who’s Who in Creativity Research and Related Fields, 124–141.
Qorib, M., Jaya, C. K., Muhammadiyah, U., & Utara, S. (2022). Kreativitas Dalam Perspektif Teori Humanistik Rogers. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 14(1). https://doi.org/10.30596/intiqad.v14i1.10372
Rohmah, N. N. S., Markhamah, Narimo, S., & Widyasari, C. (2023). Strategi Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dimensi Berkebhinekaan Global Di Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(3), 1254–1269. https://doi.org/10.31949/jee.v6i3.6124
Safitri, A. O., Yunianti, V. D., & Rostika, D. (2022). Upaya Peningkatan Pendidikan Berkualitas di Indonesia: Analisis Pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs). Jurnal Basicedu, 6(4), 7096–7106. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3296
Yuristia, A. (2018). Pendidikan Sebagai Transformasi Kebudayaan. IJTIMAIYAH Jurnal Ilmu Sosial Dan Budaya, 1–2.
Downloads
Published
Issue
Section
License
1. Proposed Policy for Journals That Offer Open Access
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).