Gebyar peringatan hari Kartini di SDN Sukosewu guna meningkatkan minat bakat siswa dan rasa cinta budaya Indonesia

Gebyar peringatan hari Kartini di SDN Sukosewu guna meningkatkan minat bakat siswa dan rasa cinta budaya Indonesia

Penulis

  • Refi Ranto Rozak IKIP PGRI Bojonegoro
  • Fuadul Matin Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, IKIP PGRI Bojonegoro
  • Oktha Ika Rahmawati 3Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, IKIP PGRI Bojonegoro
  • Silvia Cahya Ningrum 4Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Negeri Malang
  • Oktavia Monika Rosidania Program Studi Pendidikan Bisnis, Universitas Negeri Surabaya
  • Siti Zumrotul Ulya Program Studi Sastra Inggris, Universitas Trunojoyo Madura

DOI:

https://doi.org/10.22460/as.v8i2.27170

Kata Kunci:

Gebyar Hari Kartini, minat bakat, budaya Indonesia, pendidikan karakter, SDN Sukosewu

Abstrak

Artikel ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan siswa dalam minat, bakat, dan rasa cinta budaya Indonesia melalui kegiatan Gebyar Peringatan Hari Kartini di SDN Sukosewu. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan teknik observasi partisipan. Kegiatan penelitian berlangsung pada hari Sabtu, 27 April 2024, di SDN Sukosewu, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, dengan melibatkan sekitar 80 siswa dari kelas 1 hingga kelas 6. Peneliti mengamati secara langsung pelaksanaan program kegiatan Gebyar Peringatan Hari Kartini untuk menilai efektivitas program dalam mendorong partisipasi siswa, semangat, serta minat dan bakat mereka. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam minat dan bakat siswa serta rasa cinta mereka terhadap budaya lokal. Partisipasi aktif siswa dalam berbagai kegiatan seni dan budaya membuktikan bahwa pendekatan edukatif ini efektif dalam menanamkan nilai-nilai budaya dan membentuk karakter siswa. Selain itu, acara ini juga mendorong guru untuk terus berinovasi dalam metode pembelajaran yang lebih kreatif dan efektif. Dengan demikian, Gebyar Peringatan Hari Kartini tidak hanya menjadi momen peringatan sejarah, tetapi juga sebagai sarana strategis untuk memperkuat identitas budaya dan meningkatkan kualitas pendidikan di SDN Sukosewu.

Referensi

Adriany, D., Aulia, D. F., Dinarni, D., & Hamidah, S. (2023). Positive and Negative Impacts of Korean and Japanese Cultures on High School Students of Taman Siswa Rancaekek. Lakon : Jurnal Kajian Sastra Dan Budaya, 12(2), 143–156. https://doi.org/10.20473/lakon.v12i2.45831

Aisara, F., Nursaptini, & Widodo, A. (2020). Melestarikan Kembali Budaya Lokal Melalui Kegiatan Ekstrakulikuler Untuk Anak Usia Sekolah Dasar. Cakrawala Jurnal Pengabdian masyarakat Sosial, 9(2), 149–166.

Amelia, R. F., & Dewi, D. A. (2021). Pentingnya Pendidikan Kewarganegaraan dalam Meminimalisir Pengaruh Globalisasi terhadap Karakter Cinta Tanah Air pada Siswa SMAN 1 Majalaya. Ensiklopedia of Journal, 3(3), 103–110. http://jurnal.ensiklopediaku.org

Antianis, R. (2015). Penanaman Nilai-Nilai Kesundaan melalui Program Tujuh Poe Atikan Istimewa di Lingkungan Sekolah Kabupaten Purwakarta Indonesia. 1–9.

Badan Pusat Statistik Indonesia. (2022). Statistik Pendidikan Indonesia 2022. Badan Pusat Statistik, February, 1–353.

Hasyim, M. (2016). Semiotika fashion atas perayaaan hari kartini. April 2016, 71–82. https://www.researchgate.net/publication/321344786%0ASEMIOTIKA

Hidayati, S., Weriana, W., Suryana, E., & Abdurrahmansyah. (2023). Perkembangan Kognitif Menurut Teori Sosio-Kultural dan Implikasinya dalam Pembelajaran. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(9), 6706–6714. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i9.2305

Jamaludin, Alanur S, S. N., Amus, S., & Hasdin. (2022). Penerapan Nilai Profil Pelajar Pancasila Melalui Kegiatan Kampus Mengajar Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 698–709. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2553

Kemendikbud. (2020). Rencana Strategis Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan 2020-2024. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, 1–129. https://dikti.kemdikbud.go.id/

Morgan, H. (2021). Howard Gardner’s Multiple Intelligences Theory And His Ideas On Promoting Creativity. In F. Reisman (Ed.), Celebrating Giants and Trailblazers: A-Z of Who’s Who in Creativity Research and Related Fields, 124–141.

Qorib, M., Jaya, C. K., Muhammadiyah, U., & Utara, S. (2022). Kreativitas Dalam Perspektif Teori Humanistik Rogers. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 14(1). https://doi.org/10.30596/intiqad.v14i1.10372

Rohmah, N. N. S., Markhamah, Narimo, S., & Widyasari, C. (2023). Strategi Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dimensi Berkebhinekaan Global Di Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(3), 1254–1269. https://doi.org/10.31949/jee.v6i3.6124

Safitri, A. O., Yunianti, V. D., & Rostika, D. (2022). Upaya Peningkatan Pendidikan Berkualitas di Indonesia: Analisis Pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs). Jurnal Basicedu, 6(4), 7096–7106. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3296

Yuristia, A. (2018). Pendidikan Sebagai Transformasi Kebudayaan. IJTIMAIYAH Jurnal Ilmu Sosial Dan Budaya, 1–2.

Diterbitkan

2025-06-08

Terbitan

Bagian

Articles
Loading...