Peningkatan kesadaran konsumsi makanan sehat melalui edukasi green consumer behavior di sekolah dasar
DOI:
https://doi.org/10.22460/as.v8i2.27500Keywords:
Green Consumer Behavior, Konsumsi Makanan, Praktik Pendidikan GiziAbstract
Peningkatan kesadaran akan pentingnya konsumsi makanan sehat di kalangan anak-anak sekolah dasar sangatlah penting, mengingat kesehatan di masa kanak-kanak merupakan fondasi untuk kesehatan di masa dewasa. Melalui pendekatan edukasi tentang perilaku konsumen yang ramah lingkungan (green consumer behavior), Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran siswa mengenai pilihan makanan sehat. Dengan memadukan teori perilaku konsumen dan praktik pendidikan gizi, program ini diharapkan dapat memberikan dampak positif tidak hanya pada pola makan siswa, tetapi juga pada perilaku konsumsi yang lebih berkelanjutan. Data dan analisis yang diperoleh dari lapangan menunjukkan bahwa program edukasi ini berhasil meningkatkan pengetahuan dan kesadaran siswa terhadap makanan sehat.
References
Ahmad, W., & Zhang, Q. (2020). Green purchase intention: Effects of electronic service quality and customer green psychology. Journal of Cleaner Production, 267, 122053. https://doi.org/10.1016/j.jclepro.2020.122053
Ayu, D. R. (2022). Analisis Environmental Awareness dalam Minat Beli Produk Ramah Lingkungan Menurut Perspektif Bisnis Islam (Studi Pada Nasabah Bank Sampah Emak.Id) [Diploma, UIN RADEN INTAN LAMPUNG]. https://repository.radenintan.ac.id/22193/
Badan Pusat Statistik. (2020). Hasil Sensus Penduduk (SP2020) pada September 2020 mencatat jumlah penduduk sebesar 270,20 juta jiwa. https://www.bps.go.id/id/pressrelease/2021/01/21/1854/hasil-sensus-penduduk--sp2020--pada-september-2020-mencatat-jumlah-penduduk-sebesar-270-20-juta-jiwa-.html
Br Sinulingga, & Sihotang, D. H. T. (2023). Perilaku Konsumen: Strategi dan Teori. IOCS Publisher.
Cholilawati, & Putrawan, I. M. (2021). Green Consumer Behavior (Gcb) Didasarkan Pada Kepribadian (Big-Five Personality) Mahasiswa Terhadap Lingkungan Dan Gender. Ahlimedia Book.
Dr Sulastri, T., & Rosihan, A. (2023). Transformasi Edukasi: Mengoptimalisasi Kinerja Guru dan Kualitas Layanan Melalui Program Merdeka Belajar. Feniks Muda Sejahtera.
Dwijayanti, I., Mutiarani, A. L., Firdaus, A. P., & Lestari, E. H. (2025). Peningkatan Literasi Makanan Terkait Informasi Nilai Gizi Pada Label Makanan Kemasan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Sasambo, 6(2), Article 2. https://doi.org/10.32807/jpms.v6i2.1586
KEMENKES. (2023, January 25). Prevalensi Stunting di Indonesia Turun ke 21,6% dari 24,4%. Sehat Negeriku. https://sehatnegeriku.kemkes.go.id/baca/rilis-media/20230125/3142280/prevalensi-stunting-di-indonesia-turun-ke-216-dari-244/
Martha Puspita, S., Palupi, I. R., & Jamil, M. D. (2016). Persepsi Dan Sikap Konsumen Terhadap Penerapan Traffic Light Card Pada Produk Pangan Kemasan. https://doi.org/10.22435/pgm.v39i1.5970.27-36
Muzakir, H., Listiowaty, E., & Ashari, C. R. (2023). Edukasi Zat Aditif Makanan dan Jajanan Sehat Pada Pelajar | Muzakir | Lamahu: Jurnal Pengabdian Masyarakat Terintegrasi. https://doi.org/10.34312/ljpmt.v2i2.19692
Nabilah, F., Qothrunnada, Z., Muhaimin, R., Masnawati, E., Safira, M. E., Badriyah, L., Mala, A., Hariani, M., & Mardikaningsih, R. (2025). Penyuluhan Pola Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS) Pada SD/MI Sebagai Upaya Meningkatkan Pengetahuan Dan Kesadaran Siswa-Siswi Di Desa Pasinan. Jurnal Pengabdian Masyarakat (JUDIMAS), 3(1), Article 1. https://doi.org/10.54832/judimas.v3i1.460
Naulia, R. P., Hendrawati, H., & Saudi. (2021). Pengaruh Edukasi Gizi Terhadap Pengetahuan dan Sikap Ibu dalam Pemenuhan Nutrisi Balita Stunting. https://doi.org/10.33221/jikm.v10i02.903
Nugraha, J. P., Alfiah, D., Sinulingga, G., Rojiati, U., Saloom, G., Rosmawati, Fathihani, Johannes, R., Kristia, Batin, M. H., Lestari, W. J., Khatimah, H., & Beribe, M. F. B. (2021). Teori Perilaku Konsumen. Penerbit NEM.
Putra, I. K. T. E., Sukaatmadja, I. P. G., & Kerti Yasa, N. N. (2016). Perilaku Konsumen Mengkonsumsi Beras Organik Dikota Denpasar Berdasar Theory Of Planned Behavior. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, 05, 165395.
Putra, S. M., Farid, F., & Auriza, M. Z. (2025). Meningkatkan Loyalitas Merek Ramah Lingkungan: Peran Konsep Diri, Altruisme, dan Pengetahuan (Enhancing Green Brand Loyalty: The Role of Self-Concept, Altruism, and Knowledge). Akuntansi Bisnis & Manajemen ( ABM ), 32(1), Article 1. https://doi.org/10.35606/jabm.v32i1.1556
Refsanjani, & Elfas. (n.d.). Peran religiusitas, sikap dan norma subyektif konsumen terhadap niatnya untuk berperilaku ramah lingkungan di kalangan mahasiswa muslim—Etheses of Maulana Malik Ibrahim State Islamic University. Retrieved May 22, 2025, from http://etheses.uin-malang.ac.id/14682/
Salsabilla, N. P., Adi, A. C., Rahmi, A. S., & Husna, A. B. (2025). Upaya Pencegahan dan Pengurangan Food Waste di Indonesia dan Perbandingannya dengan Beberapa Negara Asean: Tinjauan Sistematis. Gizi Indonesia, 48(1), Article 1. https://doi.org/10.36457/gizindo.v48i1.1087
Saniya, K., & Filasofa, L. M. K. (2025). Penanaman Karakter Sosial Anak Melalui Program Berbagi. Aulad: Journal on Early Childhood, 8(1), Article 1. https://doi.org/10.31004/aulad.v8i1.836
Siamto, W., Bambang, S., & Angga, P. (n.d.). Pengembangan Kualitas Pelayanan Sosial Melalui Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Manusia Di Rumah Yatim Dan Dhuafa Al-Amien Ciater Serpong, Kota Tangerang Selatan. Retrieved May 22, 2025, from https://journal.lap4bangsa.org/index.php/jurantas/article/view/167
Sri Susanti Tjahja, D. (2024). Implementasi Nilai Nasionalisme Siswa Madrasah Ibtidaiyah dalam Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Sekolah. https://doi.org/10.33367/ijhass.v5i4.6804
UNICEF Indonesia. (2022). Strategi Komunikasi Perubahan Sosial Dan Perilaku: Meningkatkan Gizi Remaja di Indonesia. Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.
Witarsa, R. (2022). Penelitian Pendidikan. Deepublish.
Yati, D. (2024). Peer Power: Strategi Efektif Edukasi Kesehatan Reproduksi Remaja. CV. Mitra Edukasi Negeri.
Downloads
Published
Issue
Section
License
1. Proposed Policy for Journals That Offer Open Access
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).