IMPLEMENTASI PEMANFAATAN LATIHAN TERBIMBING DAN PEMBELAJARAN MENULIS NASKAH DRAMA BERBASIS EKOLOGI DAS CITARUM

Authors

  • Aditya Permana IKIP Siliwangi
  • Nunu Mahmud Firdaus IKIP Siliwangi
  • Dida Firmansyah
  • Indra Permana IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/as.v2i2p103-112.3258

Keywords:

Latihan terbimbing, pembelajaran latihan terbimbing, naskah drama, ekologi das citarum

Abstract

Implementasi Pemanfaatan Latihan Terbimbing dan Pembelajaran Menulis Naskah Drama Berbasis Ekologi DAS Citarum. Daerah aliran sungai (DAS) Citarum menjadi salah satu perangkat utama dalam proses pembelajaran dengan tujuan untuk membangun kesadaran masyarakat terhadap upaya pemeliharaan kualitas lingkungan yang berada di DAS Citarum. Proses upaya penyadaran dilakukan dengan berbagai pendekatan yang saling berkaitan terutama dalam membentuk karakter utama masyarakat dalam pemanfaatan ekologi DAS Citarum secara bijaksana dan produktif. Pembelajaran bahasa melalui drama, diharapkan dapat menjadi salah satu upaya untuk menunjang pembelajaran terhadap masyarakat, dengan metode  yang tidak  terlalu  kaku,  namun  efektif.  Drama sebagai  salah  satu  bentuk  sastra populer diharapkan dapat membangun kesadaran masyarakat dengan komunikasi yang lebih menarik.  Pelatihan  terbimbing merupakan  metode pendidikan  sastra  yang lebih  fleksibel terhadap   kualitas   pembelajaran   bahasa   dan   sastra.   Landasan   utama   dalam   program pengabdian adalah hasil pengabdian yang dilakukan oleh A. Permana dan R. Hidayat (2018) yang berkaitan dengan latihan terbimbing dan pembelajaran menulis naskah drama. Metode pengabdian yang dilakukan adalah dengan program pelatihan terbimbing dan demonstrasi drama dengan memanfaatkan ekologi DAS Citarum

References

Abbas, Saleh. (2006). Pembelajaran Bahasa Indonesia Yang Efektif Disekolah Dasar. Jakarta: departemen pendidikan nasional dierktorat jendral pendidikan tinggi direktorat ketenagaan.

Ahmad Rofi’uddin dan Darmiyati Zuhdi. (1998/1999). Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Tinggi. Jakarta: Depdikbud.

Permana, A., & Widayat, R. (2018). Efektivitas Metode Pembelajaran Latihan Terbimbing Menggunakan Media Berita Dalam Pembelajaran Menulis Naskah Drama (Studi Kuasi Eksperimen pada Mahasiswa STKIP Siliwangi Bandung Tahun Akademik 2013-2014). Parole (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia), 1(1).

Hariyanto , Suryono (2011) Belajar dan Pembelajaran Teori dan Konsep Dasar . Bandung

Tarigan. & Guntur, H. (2008). Menulis sebagai suatu keterampilan berbahasa. Bandung : angkasa.

Downloads

Published

2019-08-31

Issue

Section

Articles