IMPLEMENTASI PEMANFAATAN LATIHAN TERBIMBING DAN PEMBELAJARAN MENULIS NASKAH DRAMA BERBASIS EKOLOGI DAS CITARUM
DOI:
https://doi.org/10.22460/as.v2i2p103-112.3258Kata Kunci:
Latihan terbimbing, pembelajaran latihan terbimbing, naskah drama, ekologi das citarumAbstrak
Implementasi Pemanfaatan Latihan Terbimbing dan Pembelajaran Menulis Naskah Drama Berbasis Ekologi DAS Citarum. Daerah aliran sungai (DAS) Citarum menjadi salah satu perangkat utama dalam proses pembelajaran dengan tujuan untuk membangun kesadaran masyarakat terhadap upaya pemeliharaan kualitas lingkungan yang berada di DAS Citarum. Proses upaya penyadaran dilakukan dengan berbagai pendekatan yang saling berkaitan terutama dalam membentuk karakter utama masyarakat dalam pemanfaatan ekologi DAS Citarum secara bijaksana dan produktif. Pembelajaran bahasa melalui drama, diharapkan dapat menjadi salah satu upaya untuk menunjang pembelajaran terhadap masyarakat, dengan metode  yang tidak terlalu kaku, namun efektif.  Drama sebagai salah satu bentuk sastra populer diharapkan dapat membangun kesadaran masyarakat dengan komunikasi yang lebih menarik. Pelatihan terbimbing merupakan metode pendidikan sastra  yang lebih fleksibel terhadap  kualitas  pembelajaran  bahasa  dan  sastra.  Landasan  utama  dalam  program pengabdian adalah hasil pengabdian yang dilakukan oleh A. Permana dan R. Hidayat (2018) yang berkaitan dengan latihan terbimbing dan pembelajaran menulis naskah drama. Metode pengabdian yang dilakukan adalah dengan program pelatihan terbimbing dan demonstrasi drama dengan memanfaatkan ekologi DAS Citarum
Referensi
Abbas, Saleh. (2006). Pembelajaran Bahasa Indonesia Yang Efektif Disekolah Dasar. Jakarta: departemen pendidikan nasional dierktorat jendral pendidikan tinggi direktorat ketenagaan.
Ahmad Rofi’uddin dan Darmiyati Zuhdi. (1998/1999). Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Tinggi. Jakarta: Depdikbud.
Permana, A., & Widayat, R. (2018). Efektivitas Metode Pembelajaran Latihan Terbimbing Menggunakan Media Berita Dalam Pembelajaran Menulis Naskah Drama (Studi Kuasi Eksperimen pada Mahasiswa STKIP Siliwangi Bandung Tahun Akademik 2013-2014). Parole (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia), 1(1).
Hariyanto , Suryono (2011) Belajar dan Pembelajaran Teori dan Konsep Dasar . Bandung
Tarigan. & Guntur, H. (2008). Menulis sebagai suatu keterampilan berbahasa. Bandung : angkasa.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
1. Proposed Policy for Journals That Offer Open Access
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).