PELATIHAN PEMANFAATAN MEDIA DIGITAL STORY TELLING DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS BAGI GURU SMP DI WILAYAH SUBANG

Authors

  • Sri Supiyah Cahyati IKIP Siliwangi
  • Aseptiana Parmawati IKIP Siliwangi
  • Nai Supartini Atmawidjaja IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/as.v2i2p147-154.3265

Abstract

Pemanfaatan media pembelajaran yang belum optimal, menjadi salah satu masalah yang dihadapi guru di wilayah Subang, terlebihnya di desa jalan Cagak. Dalam proses pembelajaran, media pembelajaran menjadi salah satu unsur penunjang keberhasilan suatu pembelajaran. Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk dapat mendampingi dan membekali para guru SMP melalui pelatihan peningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran berbahasa Inggris, dengan memanfaatkan media dan sumber bahan ajar yang tersedia di internet, terutama dengan menggunakan media pembelajaran Digital Story Telling. Metode yang akan digunakan dalam pengabdian masyarakat ini adalah metode pendekatan masalah atau transfer IPTEK. Metode yang dilakukan oleh tim pelaksana PKM terhadap mitra sekolah yaitu melalui melalui proses survey dan interview yang dilakukan secara berkesinambungan sehingga dapat menganalisis, mendiskusikan, dan memberikan pendampingan secara langsung terkait media pembelajaran Bahasa Inggris. Melalui kegiatan PKM ini, dapat disimpulkan bahwa para guru SMP di wilayah Subang memberikan respon yang positif dan sangat antusias sekali selama pelaksanakan pelatihan berlangsung. Dari pelaksanaan program PKM ini dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan Media Digital Story Telling sangat diminati oleh para guru karena dapat dengan mudah diaplikasikan di kelas dalam proses pembelajaran Bahasa Inggris.

 

Kata Kunci : pelatihan 1, SMP 2, Digital Story Telling 3

References

Bobbi, D., & Hernacki, M. (2011). Quantum learning. Jakarta: KAIFA.

Karyadi, A. C. (2018). Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Metode Storytelling Menggunakan Media Big Book. Jurnal Pengabdian Masyarakat (Jpm-Ikp), 1(2).

Khairani, A. I. (2011). Pendidikan Bahasa Inggris Untuk Anak Usia Dini.

Kusumaningrum, D. E., Arifin, I., & Gunawan, I. (2017). Pendampingan Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Kurikulum 2013. ABDIMAS PEDAGOGI: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1).

Marfuaty, F. A., & Wahyudi, R. (2015). An analysis of thematic progression patterns: Opinion section texts of The Jakarta Post, 9(3), 109–130.

Rohmawati, A. (2015). Efektivitas Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 9(1), 15–32.

Rusman. (2011). Model-model pembelajaran: mengembangkan profesionalisme guru. Rajawali Pers/PT Raja Grafindo Persada.

Tyaningsih, A. R. (2016). Pembelajaran Bahasa Inggris pada Anak Usia Dini Berbasis Proses Pemerolehan Bahasa Pertama. JURNAL BARISTA, 3(1), 74–82.

Yazdi, M. (2012). E-learning Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Teknologi Informasi. In FORISTEK: Forum Teknik Elektro Dan Teknologi Informasi, 2(1).

Yuliansyah, H., & Triyadi, A. (2018). Pengabdian Masyarakat Dalam Peningkatan Mutu Story Telling dan Visual di Rumah Pintar Bandung. Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1).

Downloads

Additional Files

Published

2019-08-31

Issue

Section

Articles