PELATIHAN PEMANFAATAN MEDIA DIGITAL STORY TELLING DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS BAGI GURU SMP DI WILAYAH SUBANG
DOI:
https://doi.org/10.22460/as.v2i2p147-154.3265Abstrak
Pemanfaatan media pembelajaran yang belum optimal, menjadi salah satu masalah yang dihadapi guru di wilayah Subang, terlebihnya di desa jalan Cagak. Dalam proses pembelajaran, media pembelajaran menjadi salah satu unsur penunjang keberhasilan suatu pembelajaran. Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk dapat mendampingi dan membekali para guru SMP melalui pelatihan peningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran berbahasa Inggris, dengan memanfaatkan media dan sumber bahan ajar yang tersedia di internet, terutama dengan menggunakan media pembelajaran Digital Story Telling. Metode yang akan digunakan dalam pengabdian masyarakat ini adalah metode pendekatan masalah atau transfer IPTEK. Metode yang dilakukan oleh tim pelaksana PKM terhadap mitra sekolah yaitu melalui melalui proses survey dan interview yang dilakukan secara berkesinambungan sehingga dapat menganalisis, mendiskusikan, dan memberikan pendampingan secara langsung terkait media pembelajaran Bahasa Inggris. Melalui kegiatan PKM ini, dapat disimpulkan bahwa para guru SMP di wilayah Subang memberikan respon yang positif dan sangat antusias sekali selama pelaksanakan pelatihan berlangsung. Dari pelaksanaan program PKM ini dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan Media Digital Story Telling sangat diminati oleh para guru karena dapat dengan mudah diaplikasikan di kelas dalam proses pembelajaran Bahasa Inggris.
Â
Kata Kunci : pelatihan 1, SMP 2, Digital Story Telling 3
Referensi
Bobbi, D., & Hernacki, M. (2011). Quantum learning. Jakarta: KAIFA.
Karyadi, A. C. (2018). Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Metode Storytelling Menggunakan Media Big Book. Jurnal Pengabdian Masyarakat (Jpm-Ikp), 1(2).
Khairani, A. I. (2011). Pendidikan Bahasa Inggris Untuk Anak Usia Dini.
Kusumaningrum, D. E., Arifin, I., & Gunawan, I. (2017). Pendampingan Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Kurikulum 2013. ABDIMAS PEDAGOGI: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1).
Marfuaty, F. A., & Wahyudi, R. (2015). An analysis of thematic progression patterns: Opinion section texts of The Jakarta Post, 9(3), 109–130.
Rohmawati, A. (2015). Efektivitas Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 9(1), 15–32.
Rusman. (2011). Model-model pembelajaran: mengembangkan profesionalisme guru. Rajawali Pers/PT Raja Grafindo Persada.
Tyaningsih, A. R. (2016). Pembelajaran Bahasa Inggris pada Anak Usia Dini Berbasis Proses Pemerolehan Bahasa Pertama. JURNAL BARISTA, 3(1), 74–82.
Yazdi, M. (2012). E-learning Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Teknologi Informasi. In FORISTEK: Forum Teknik Elektro Dan Teknologi Informasi, 2(1).
Yuliansyah, H., & Triyadi, A. (2018). Pengabdian Masyarakat Dalam Peningkatan Mutu Story Telling dan Visual di Rumah Pintar Bandung. Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1).
Unduhan
File Tambahan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
1. Proposed Policy for Journals That Offer Open Access
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).