PENDAMPINGAN LESSON STUDY BAGI GURU SEBAGAI ALTERNATIF PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI MA CAHAYA HARAPAN CISARUA KABUPATEN BANDUNG BARAT

Authors

  • Eka Senjayawati IKIP Siliwangi
  • Eva Dwi Minarti IKIP Siliwangi
  • Masta Hutajulu IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/as.v4i1p%25p.3811

Keywords:

Lesson Study, Pembelajaran Inovatif, Pembelajaran Matematikan Inovatif

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini merupakan kegiatan workshop yaitu melakukan pendampingan pembelajaran Inovatif melalui Lesson Study kepada guru-guru di MA Cahaya Harapan di Wilayah Cisarua Kabupaten Bandung Barat. Tujuannya untuk memberikan wawasan kepada guru-guru dalam melakukan pembelajaran inovatif. Kegiatan ini bisa dijadikan sebuah luaran dalam bentuk artikel yang dapat bermanfaat bagi para pembaca. Metode yang digunakan pada kegiatan pengabdian ini adalah metode ceramah, diskusi, dan tanya jawab dan praktek dengan menggunakan Lesson Study.

Kegiatan pengabdian ini terdiri dari beberapa tahapan di lapangan diantaranya yaitu : 1). Penyuluhan mengenai Lesson Study dan pembentukan tim , 2). Melakukan Lesson Study yang terdiri atas 3 tahapan yaitu : a) Merencanakan pembelajaran (Plan), b). Melakukan pembelajaran dan observasi (Do), c). Melakukan refleksi (See). Hasil dari kegiatan ini dapat memberikan kontribusi positif di lapangan diantaranya; guru-guru mulai memahami pembelajaran lesson study, guru-guru terbantu untuk menyusun perangkat pembelajaran secara tersusun.

References

Chamisijatin, L., & Zaenab, S. (2013). Implementasi Lesson Study untuk Meningkatkan Pelaksanaan Pendekatan Scientific Guru IPA SMP Muhamadiyah 6 Kabupaten Malang Proses pembelajaran pada Kurikulum. Jurnal Inovasi Pembelajaran, 47–60.

Hendayana, S., dkk. (2006). Lesson Study : suatu Strategi untuk Meningkatkan Keprofesionalan Pendidikan (Pengalaman IMSTEP-JICA). Bandung UPI Press.

Hikmawati, J. A. S. (2018). Simulasi Kegiatan Lesson Study Sebagai Upaya untuk Mengembangkan Profesionalisme Pendidik. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 1(2), 215–222.

Hutajulu, M., Senjayawati, E., Minarti, E, D. (2019). Pendampingan Dan Penulisan Karya Ilmiah Berbantuan Mendeley Bagi Guru Sekolah Menengah di Kecamatan Pangalengan. Abdimas Siliwangi, 03(01), 49–59.

Maipita, I., & Hutasuhut, S. (2018). Peningkatan Kompetensi Guru Berbasis Lesson Study di Sub Rayon SMKN 7 Medan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 23(4), 479–483.

Suana Wayan, Wijaya Agung Putra, T. L. (2014). Peningkatan Keterapilan Guru Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Melalui Model Lesson Study Berbasis Sekolah. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 61–71.

Downloads

Published

2021-01-15

Issue

Section

Articles