PEMBINAAN HOME MARKETING MODEL BERBASIS ONLINE BAGI KELOMPOK PENGRAJIN SONGKET DALAM UPAYA KETAHANAN EKONOMI DAN KEBERDAYAAN KELUARGA DI DESA BURAI OGAN ILIR

Evy Ratna Kartika Waty(1*), Shomedran Shomedran(2), Yanti Karmila Nengsih(3), Mega Nurrizalia(4)

(1) Universitas Sriwijaya
(2) 
(3) 
(4) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan peengetahuan, pemahaman dan keterampilan bagi masyarakat tentang pemasaran online produk Usaha Mikro Kecil Menengah bagi pengrajin tenun songket di Desa Burai Ogan ilir Sumatera Selatan. Kegiatan ini dilakukan dengan metode ceramah, tanya jawab, diskusi dan praktik sederhana, kegiatan dilakukan secara tatap muka langsung. Peserta kegiatan adalah ibu-ibu yang memiliki usaha rumahan tenun songket dengan jumlah 23 orang. Adapun tahapan kegiatan yaitu pemberian pre test, dilanjutkan pemaparan materi dengan menggunakan metode ceramah dan diskusi kemudian ditutup dengan evaluasi kegiatan. Kegiatan pengabdian ini terlaksana dengan baik dan lancar, meskipun keterbatasan masa pandemi. Peserta cukup antusias menghadiri dan mengikuti kegiatan, menyimak pemaparan materi dan diskusi. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan presentase pemahaman peserta yang meningkat sebelum kegiatan dan sesudah kegiatan, meskipun sebagian peserta masih ada yang belum memiliki media sosial. Dengan pemahaman peserta terhadap pentingnya pemasaran online terutama masa pandemi sangat diperlukan, diharapkan pemasaran produk yang dihasilkan akan lebih meningkat untuk ketahanan ekonomi dan keberdayaan keluarga setempat.


Keywords


Pembinaan, Pemasaran Berbasis Online, Pengrajin Songket, Ketahanan Ekonomi Keluarga

Full Text:

PDF

References


Depdiknas. (2013). Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa.Cet. Kelima. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Florita, Aina, dkk. (2018). Pembinaan Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah Oleh Dinas Koperasi Dan Umkm Kota Padang. JMIAP: Jurnal Ilmu Administrasi Publik, 1(1), 143-153.

Mulyawan, R. (2016). Masyarakat, Wilayah dan Pembangunan. Sumedang: UNPAD Press.

Prasetyo, D. W. (2018). Pembinaan Usaha Kecil Mikro dan Menengah (UMKM) Konveksi Desa Karobelah Kecamatan Mojoagung-Jombang. Comvice: Journal of community service, 2(1), 9-14.

Sri, Handini. (2019). Pemberdayaan Masyarakat Desa Dalam Pembangunan UMKM Di Wilayah Pesisir. Surabaya: Scopindo Media Puataka.

Tiktik, S. P., & Abd. Rachman, Soejoedono. (2004). Ekonomi Skala Kecil/Menengah dan Koperasi. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Tim Desa Burai. (2020). Data Profil Desa Burai Tahun 2020. Burai: Kantor Desa Burai

Tulus T. H Tambunan. (2012). Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Indonesia: Isu-Isu Penting. Jakarta: LP3ES

Tulus T. H. Tambunan. (2009). UMKM di Indonesia. Bogor: Ghalia Indonesia.

Undang Undang Nomor 20 Tahun 2008 tentang UMKM (Usaha Menengah Kecil dan Mikro).




DOI: http://dx.doi.org/10.22460/as.v5i1.6283

Article Metrics

Abstract view : 57 times
PDF - 42 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Publisher Address:

Jl. Terusan Jend. Sudirman, Baros, Kec. Cimahi Tengah, Kota Cimahi, Jawa Barat 40521

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarkat, IKIP Siliwangi
Gedung A Lantai 2 Ruang A24

Email: abdimassiliwangi@gmail.com
Click to access: Abdimas Siliwangi


E-ISSN : 2614-6339

P-ISSN : 2614-7629


View My Stats