PELATIHAN PEMBELAJARAN DI ERA DIGITAL REVOLUSI INDUSTRI 4.0 MENGGUNAKAN ZOOM MEETING DI SALAH SATU SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI KABUPATEN BANDUNG BARAT
DOI:
https://doi.org/10.22460/as.v4i2p%25p.6826Abstract
Khusus di era digital revolusi industry 4.0 ini, penggunaan internet dan aplikasi sangat diwajibkan dan harus dikuasai oleh semua kalangan khususnya para guru yang memang dituntut untuk selalu membuat terobosan dan perubahan demi menjadikan bangsa Indonesia yang literat dan mampu bersaing di dunia internasional. Hal seiringan dengan tujuan dilaksanaakannya pelatihan ini yaitu untuk meningkatkan kompetensi para guru yang ada di salah satu sekolah menengah keatas yanga ada di kabupaten Bandung Barat. Pelatihan ini dilaksanakan dengan memberikan pemahaman aplikasi kepada para guru supaya menjadi guru yang innovative dan kreatif dalam proses pembelajaran di sekolah. Aplikasi ini bernama Zoom Meeting. Keunggulan dari aplikasi ini yaitu pengguna bisa melakukan bebrapa hal seperti melakukan video conference, share screen, absensi, dll. Sehingga ini sangat memudahkan pengguna dalam melakukan aktifitas pengajarannya. Ada lima tahapan yang dilakukan dalam penerapan pelaitahan ini. Diantaranya, analisis, penentuan materi pelatihan, pembuatan modul pelatihan, pelaksanaan pelatihan, dan evaluasi hasil pelatihan. Dan hasil dari pelatihan ini menunjukan perubahan yang baik dan signifikan dari para guru sehingga mereka lebih percaya diri dalam memberikan pembelajaran kepada siswa dengan menggunakan aplikasi baru yaitu Zoom Meeting.
Kata Kunci : Pelatihan Pembelajaran, Zoom Meeting, Sekolah Menengah Pertama
References
Azwar, H., & Susantok, M. (2013). Implementasi Video Conference pada Program Pendidikan Jarak Jauh PCRTOL Berbasis Web. Jurnal Teknik
Elektro dan Komputer, 1(2), 107–114 Koenig, R. J. (2010). A Study in Analyzing Effectiveness of Undergraduate
Course Delivery: Classroom, Online and Video Conference. Contemporary Issues in Education Research, 3(10), 13–26.
Schwab, Klaus. (2016 ) The fourth industrial revolution. World Economic Forum
Sudjana, Naana dan Rivai, Ahmad. (2013). Media Pengajaran. Bandung: Sinar
Baru Algensindo Offset Tim Pengembangan MKDP. (2012). Kurikulum dan pembelajaran. Jakarta: Pers.
Downloads
Published
Issue
Section
License
1. Proposed Policy for Journals That Offer Open Access
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).