PELATIHAN PENGGUNAAN APLIKASI CANVA SEBAGAI MEDIA PEMBUATAN BAHAN AJAR DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS

Authors

  • Setya Resmini IKIP Siliwangi
  • Intan Satriani IKIP Siliwangi
  • M. Rafi

DOI:

https://doi.org/10.22460/as.v4i2p%25p.6859

Keywords:

Training, Canva, Learning Media

Abstract

Pembelajaran daring merupakan salah satu solusi dunia pendidikan untuk tetap melakukan kegiatan belajar mengajar dalam kondisi pandemi sekarang ini. Namun, hal ini pun tidak datang tanpa tantangan, salah satunya adalah kurangnya motivasi siswa dalam belajar daring. Untuk meningkatkan motivasi siswa, maka diperlukan bahan ajar yang menarik perhatian siswa sehingga pembelajaran tidak akan membosankan. Canva merupakan aplikasi yang dapat digunakan oleh guru untuk membuat bahan ajar yang menarik. Tujuan dari kegiatan ini adalah meningkatkan kemampuan guru dalam berkreasi untuk menciptakan bahan ajar menggunakan aplikasi canva. Adapun langkah-langkah kegiatan yang dilakukan dalam pengabdian pada masyarakat ini meliputi beberapa tahapan, diantaranya: a) tahap analisis, b) tahap perancangan, c) tahap pengembangan konten d) tahap pelatihan, dan e) tahap evaluasi.

References

Aji, W. N. dan D. B. P. S. (2020). Aplikasi Tik Tok Sebagai Media Pembelajaran Keterampilan Bersastra. Jurnal Metafora. Vol. VI (2), 147–157.

Amna Emda, “Kedudukan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran,†Lantanida Journal 5, no. 2 (2018): 181.

Cahyani, A, dkk. (2020). Motivasi Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Islam. Vol. 3 No 1.

Canva. (n.d.). Canva Untuk Pendidikan. https://www.canva.com/id_id/pendidikan/

Miftah, M. (2014). Pemanfaatan Media Pembelajaran Untuk Peningkatkan Kualitas Belajar Siswa. Jurnal KWANGSAN. Vol. 2(1), 95–105.

Muijs & Reynolds. (2008). Effective Teaching: Evidence and Practice. London: Sage Publications.

Pelangi, G. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia Jenjang Sma/MA. Jurnal Sasindo Unpam. Vol 8 No 2.

Suhery, Trimardi Jaya Putra, dkk. (2020). Sosialisasi Penggunaan Aplikasi Zoom Meeting dan Google Classroom Pada Guru di SDN 17 Mata Air Padang Selatan. Jurnal Inovasi Pendidikan. Vol. 1 No 3.

Tanjung, R. E., & Faiza, D. (2019). Canva Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika. Jurnal Vokasional Teknik Elektronik dan Informatika. Vol. 7 No 2.

Downloads

Published

2021-07-30

Issue

Section

Articles