PENYULUHAN DARING PENDEKATAN REGGIO EMILIA MELALUI BERMAIN KREATIF BERBASIS KECERDASAN JAMAK DALAM KONTEKS MERDEKA BELAJAR BAGI PENDIDIK KOBER DI DESA CILAME KABUPATEN BANDUNG BARAT

Authors

  • Sharina Munggaraning Westhisi IKIP Siliwangi
  • Lenny Nuraeni IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/as.v5i1.6864

Keywords:

penyuluhan, pendekatan reggio emilia, bermain kreatif, merdeka belajar

Abstract

Pendekatan pembelajaran Reggio Emilia dapat diaplikasikan untuk memfasilitasi aspek perkembangan anak secara optimal. Namun, pengetahuan guru akan pendekatan ini masih kurang, terutama di ruang lingkup Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), sehingga diperlukan pemahaman dan kesiapan dari guru melalui penyuluhan yang mampu mendukung dan memfasilitasi guru untuk mendapatkan pengetahuan dan cara mengimplementasikan pendekatan pembelajaran ini melalui bermain kreatif di Kelompok Bermain (KoBer). Tujuan dari penyuluhan ini adalah untuk memberikan informasi dan pembekalan kepada guru KoBer, di Desa Cilame Kabupaten Bandung Barat, mengenai implementasi pendekatan Reggio Emilia melalui bermain kreatif berbasis kecerdasan jamak. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah ceramah, diskusi, dan workshop. Saat sesi diskusi ditemukan bahwa guru-guru KoBer belum paham akan pendekatan Reggio Emilia, setelah dilakukan penyuluhan terjadi peningkatan pengetahuan yang ditandai dengan para peserta telah mampu menjelaskan pendekatan ini dan mampu mengimplementasikan pendekatan tersebut dalam kegiatan pembelajaran untuk anak usia dini melalui bermain kreatif yang berbasis kecerdasan jamak dalam konteks merdeka belajar.

Author Biography

Sharina Munggaraning Westhisi, IKIP Siliwangi

Early Childhood Teacher Education

References

Ardiyanto, A. (2017). Bermain sebagai sarana pengembangan kreativitas anak usia dini. Jendela Olahraga, 2(2).

Depdiknas (2007). Kerangka Dasar Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini. Puskur: Jakarta.

Farhurohman, O. (2017). Hakikat Bermain Dan Permainan Anak Usia Dini Di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(01), 27–36.

Rachmawati, Y & Kurniati, E. (2011). Strategi Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Taman Kanak- Kanak. Jakarta: Kencana.

Sayekti, T. (2016). Analisis Kurikulum Reggio Emilia. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 143–154.

Sujiono, Y. N. (2009). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Indeks.

Sujiono, Y. N. (2010). Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak. Jakarta: Indeks.

Susmini. (2018). Upaya Meningkatkan Kecerdasan Naturalis Anak Usia 3-4 Tahun Melalui Bermain Kreatif Berbasis Area. (1), 17–28.

Valentine, M. (1999). The Reggio Emilia Approach to Early Years Education. Glasgow: Learning and Teaching Scotland.

Wade, B., & Piccinini, T. (2020). Teaching Scenario Planning in Sustainability Courses: The Creative Play Method. Journal of Management Education, 44(6), 699–725.

Yogman, M., Garner, A., Hutchinson, J., Hirsh-Pasek, K., Golinkoff, R. M., & Health, C. on P. A. of C. and F. (2018). The power of play: A pediatric role in enhancing development in young children. Pediatrics, 142(3).

Downloads

Published

2022-02-21

Issue

Section

Articles