PENYULUHAN DARING PENDEKATAN REGGIO EMILIA MELALUI BERMAIN KREATIF BERBASIS KECERDASAN JAMAK DALAM KONTEKS MERDEKA BELAJAR BAGI PENDIDIK KOBER DI DESA CILAME KABUPATEN BANDUNG BARAT
DOI:
https://doi.org/10.22460/as.v5i1.6864Kata Kunci:
penyuluhan, pendekatan reggio emilia, bermain kreatif, merdeka belajarAbstrak
Pendekatan pembelajaran Reggio Emilia dapat diaplikasikan untuk memfasilitasi aspek perkembangan anak secara optimal. Namun, pengetahuan guru akan pendekatan ini masih kurang, terutama di ruang lingkup Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), sehingga diperlukan pemahaman dan kesiapan dari guru melalui penyuluhan yang mampu mendukung dan memfasilitasi guru untuk mendapatkan pengetahuan dan cara mengimplementasikan pendekatan pembelajaran ini melalui bermain kreatif di Kelompok Bermain (KoBer). Tujuan dari penyuluhan ini adalah untuk memberikan informasi dan pembekalan kepada guru KoBer, di Desa Cilame Kabupaten Bandung Barat, mengenai implementasi pendekatan Reggio Emilia melalui bermain kreatif berbasis kecerdasan jamak. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah ceramah, diskusi, dan workshop. Saat sesi diskusi ditemukan bahwa guru-guru KoBer belum paham akan pendekatan Reggio Emilia, setelah dilakukan penyuluhan terjadi peningkatan pengetahuan yang ditandai dengan para peserta telah mampu menjelaskan pendekatan ini dan mampu mengimplementasikan pendekatan tersebut dalam kegiatan pembelajaran untuk anak usia dini melalui bermain kreatif yang berbasis kecerdasan jamak dalam konteks merdeka belajar.
Referensi
Ardiyanto, A. (2017). Bermain sebagai sarana pengembangan kreativitas anak usia dini. Jendela Olahraga, 2(2).
Depdiknas (2007). Kerangka Dasar Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini. Puskur: Jakarta.
Farhurohman, O. (2017). Hakikat Bermain Dan Permainan Anak Usia Dini Di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(01), 27–36.
Rachmawati, Y & Kurniati, E. (2011). Strategi Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Taman Kanak- Kanak. Jakarta: Kencana.
Sayekti, T. (2016). Analisis Kurikulum Reggio Emilia. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 143–154.
Sujiono, Y. N. (2009). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Indeks.
Sujiono, Y. N. (2010). Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak. Jakarta: Indeks.
Susmini. (2018). Upaya Meningkatkan Kecerdasan Naturalis Anak Usia 3-4 Tahun Melalui Bermain Kreatif Berbasis Area. (1), 17–28.
Valentine, M. (1999). The Reggio Emilia Approach to Early Years Education. Glasgow: Learning and Teaching Scotland.
Wade, B., & Piccinini, T. (2020). Teaching Scenario Planning in Sustainability Courses: The Creative Play Method. Journal of Management Education, 44(6), 699–725.
Yogman, M., Garner, A., Hutchinson, J., Hirsh-Pasek, K., Golinkoff, R. M., & Health, C. on P. A. of C. and F. (2018). The power of play: A pediatric role in enhancing development in young children. Pediatrics, 142(3).
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
1. Proposed Policy for Journals That Offer Open Access
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).